Graduation MTs dan Madrasah Aliyah Laboratorium UIN-SU Berlangsung Khidmat dan Semarak

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Perhelatan graduation siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Laboratorium (MAL) UIN-SU Medan di Tiara Covention Hall, Rabu (8/3/2023), berlangsung khidmat dan semarak.

Acara dihadiri Wakil Rektor I UIN-SU Prof Dr Hasan Asari MA, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Dr Mardianto MPd, Ketua Yayasan Khairu Ummah Dr Amiruddin Siahaan MPd, Sekretaris Yayasan Prof Dr Messiono MPd dan Prof Dr Didik Santoso.

Kepala MAL UIN-SU Medan, Dr Zunidar Sinaga didampingi Kepala MTs Yumira Simamora MPd dalam sambutannya mengatakan, ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diamalkan serta mempunyai manfaat bagi orang lain.

Selain itu, keilmuan juga harus dibarengi dengan karakter atau moral yang menjadi pemeran utama di dalamnya. Salah satu hal yang bermanfaat dalam usia remaja adalah mengikuti kegiatan yang membangun karakter.

“Kita harus memiliki keberanian menyatakan atau melakukan sesuatu yang kita inginkan selama dalam koridor positif dan sebaliknya berani menolak jika dihadapkan dengan perilaku yang sifatnya negatif,” kata Zunidar.

Pada bahagian lain, Zunidar menyatakan terdapat kompetensi yang perlu dikembangkan para remaja, yaitu fokus kepada empat K yaitu kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif.

“Selain itu, juga sangat penting mengembangkan literasi, baca, budaya, teknologi dan keuangan,” kata alumnus S2 dan S3 PPs Universitas Negeri Medan ini.

Zunidar menyatakan bangga melihat pesatnya perkembangan UINSU saat ini, dengan adanya kerja sama dengan lembaga pendidikan dalam dan luar negeri, pemerintah daerah serta perbaikan/ penambahan fasilitas gedung dan sarana lainnya.

“Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan prestasi UINSU menjadi lebih unggul, yang di dalamnya ada kita (Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Laboratorium UIN-SU),” ujarnya.

Zunidar tak lupa menyampaikan terima kasih kepada pimpinan UIN-SU yang telah mengirimkan 50 lebih lulusan MAL, baik ke UIN-SU sendiri maupun perguruan tinggi lainnya melalui jalur SMPT.

Sementara, Wakil Rektor I UIN-SU Prof Hasan Asari dalam sambutannya, generasi milenial harus senantiasa bersyukur, karena masih memiliki jalan panjang untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Generasi milenial harus berani menuntut ilmu ke manapun, bahkan sampai ke luar negeri, seperti alumnus MAL yang sudah ada menuntut ilmu di Sydney University Australia.

“Para orang tua jangan sampai tidak mengizinkan anak-anaknya bersekolah jauh sampai ke luar negeri. Harus diyakini, tidak akan jatuh miskin bersekolah dan menyekolahkan,” kata Hasan.

Sedangkan, Dr Anang Anas Azhar dalam sambutannya mewakili orang tua siswa, memotivasi para lulusan Tsanawiyah agar lanjut ke Aliyah dan lulusan Aliyah harus lanjut ke perguruan tinggi.

“Bagaimanapun susahnya kondisi ekonomi keuangan orang tua, anak-anakku harus tetap lanjut sekolah, dan kalau bisa anak-anak pun kalau bisa turut membantu orang tua meringankan biaya pendidikan,” kata Anang.

Pada kesempatan itu, Dekan FITK UIN-SU, Dr Mardianto MPd mengapresiasi kepemimpinan MTs dan khususnya MAL di bawah Kepala Zunidar Sinaga, yang kreatif dan gigih dalam memajukan Madrasah Aliyah Laboratorium UIN-SU.

Ketua Yayasan Khairu Ummah, Dr Amiruddin Siahaan MPd mengatakan, pendidikan pada dasarnya untuk membentuk jatidiri anak-anak, sehingga mengetahui potensi dirinya dan apa yang dicita-citakan bisa terwujud.

Turut hadir pimpinan PT Bank Sumut Harry Irawan ST MM, owner Pastry Fity Fitri Rahmah Rizki, Drs Agus Salim Ujung (KAHMI), Ustaz Dr Raihan MA, pimpinan Tiara Syahputra Buchori dan Yusniati, Pimpinan PT Mora Bogasari Jakarta Evi, Tito Munandar, dan lainnya. (UJ)

 

- Advertisement -

Berita Terkini