Perkuat Potensi Wisata Sejarah Kecamatan Tanjung Pura, LPPM UNIMED Dampingi Komunitas PMSL

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Tim Pengabdian masyarakat LPPM Universitas Negeri Medan memberikan pendampingan kepada Komunitas Pecinta Museum dan Sejarah Langkat (PMSL) dalam rangka meningkatkan aktifitas wisata sejarah dan kebudayaan di Kecamatan Tanjung Pura.

Program kemitraan masyarakat ini dimotori oleh Antropolog-Sosiologi Unimed Tappil Rambe, Sejarawan Lokal sekaligus praktisi wisata sejarah Apriani Harahap dan Praktisi Pendidikan Sejarah Arfan Diansyah.

“Potensi wisata sejarah dan kebudayaan yang terdapat di Kecamatan Tanjung Pura seyogianya dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat lokal apabila dikelola secara optimal,” ujar Tappil Rambe.

Menurutnya, selain kesejahteraan masyarakat, ketika Tanjung Pura menjadi destinasi wisata sejarah, turut akan berdampak kepada mental masyarakat lokal yang tadinya terkesan apatis dan cuek pada wisatawan, berubah menjadi ramah tamah, bersahabat dan bersahaja.

“Semua demi membangun image Kecamatan Tanjung Pura sebagai kota wisata sejarah dan kebudayaan yang bertaraf Internasional. Dengan adanya kegiatan ini, dalam jangka panjang diharapkan Tanjung Pura akan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan kebudayaan Melayu bersaing dengan Penang, Malaka,” ucap Tappil Rambe.

Sementara itu, Apriani Harahap memberikan penguatan kepada anggota komunitas dalam bidang pemandu wisata, tentang bagaimana tata cara memandu para touris dalam kegiatan wisata sejarah serta teknik memberikan informasi yang jelas dan lugas sehingga meninggalkan kesan kepada para wisatawan.

Arfan Diansyah menyampaikan perlunya merubah paradigma lama dikalangan masyarakat Tanjung Pura, agar masyarakat lebih terbuka terhadap para wisatawan dan peduli terhadap objek-objek wisata sejarah di Tanjung Pura.

Di akhir kegiatan, M. Alvin selaku ketua komunitas memberikan apresiasi terhadap Tim PKM LPPM Unimed yang perduli dan rela meluangkan waktu untuk melaksanakan kegiatan yang bermanfaat tersebut. (MN)

- Advertisement -

Berita Terkini