Dosen FEB UNP Selenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kelurahan Kubu Gadang Payakumbuh

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, PAYAKUMBUH – Tim Pengabdian Dosen Departemen Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) di Kelurahan Kubu Gadang, Kecamatan Payakumbuh Barat. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut dilaksanakan selama tiga hari, yakni dari tanggal 24-26 Agustus 2023. Tim pengabdian kepada masyarakat ini terdiri tiga orang dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP, yakni Mentari Ritonga, S.Pd, M.Pd,E selaku ketua, dibantu dua orang anggota yakni, Fitria Ridhaningsih, S.E., M.M dan Herlinda Fitri Febriyanti, M.Sc.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diberi tema Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan Ibu PKK Milenial melalui pelatihan membuat aneka jajanan sehat kekinian dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga di Kelurahan Kubu Gadang ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan aneka jajanan sehat kekinian kepada Ibu PKK Kelurahan Kubu Gadang.

Tidak hanya sekedar memberikan pelatihan pembuatan jajanan sehat, tim pengabdian juga memberikan pelatihan cara menghitung harga pokok produk serta skill berwirausaha. Diharapkan setelah pelatihan ini diberikan, ibu PKK di Kelurahan Kubu Gadang dapat membuka usaha jajanan mereka sendiri. Hal ini juga dalam rangka upaya peningkatan pendapatan rumah tangga di kelurahan Kubu Gadang.

Ketua Pengabdian, Mentari Ritonga, S.Pd, M.Pd.E mengungkapkan kehadiran kelompok PKK ini diharapkan dapat menjadi salah satu wadah bagi masyarakat Kelurahan Kubu Gadang agar dapat mandiri secara ekonomi.

“Nah, untuk kelompok PKK Kelurahan Kubu Gadang sendiri, kegiatannya masih berfokus pada kegiatan sosial seperti penyuluhan kesehatan terutama bagi perempuan, ibu-ibu dan anak anak, gotong royong rutin serta kegiatan bercocok tanam sederhana. Belum ada pengembangan kegiatan kearahan kemandirian ekonomi. Untuk itu Tim Pengabdian FEB UNP hadir, memberikan insight baru kepada Ibu ibu PKK Kubu Gadang yang mayoritas berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga untuk dapat mandiri secara ekonomi agar tidak hanya mengandalkan penghasilan dari suami,” katanya.

Peserta dalam kegiatan Pengabdian ini melibatkan sekitar 25 orang Ibu-ibu PKK Kelurahan Kubu Gadang yang mendapatkan kesempatan bertanya langsung kepada para narasumber, serta berdiskusi dan bertukar pendapat dengan sesama anggota PKK. Ibu ibu PKK Kelurahan Kubu Gadang terlihat sangat antusias dalam kegiatan pelatihan yang diberikan.

Lurah Kelurahan Kubu Gadang, Bapak Meitral Saputra, SH yang juga secara langsung membuka kegiatan pengabdian tersebut mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Tim Pengabdian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP. Lebih lanjut Bapak Meitral Saputra, SH menyampaikan bahwa kelurahan Kubu Gadang dapat dikatakan sebagai salah satu sentral tempat nongkrongnya anak muda kota Payakumbuh.

“Banyak coffe shop hits Kota Payakumbuh yang berada di Kelurahan Kubu Gadang. Hal ini tentu menjadi peluang bagi Ibu-Ibu PKK Kelurahan Kubu Gadang untuk menjadikan anak nongkrong kota Payakumbuh sebagai target pasarnya. Maka dari itu, pelatihan yang diberikan oleh Tim Pengabdian sangat cocok dengan apa yang dibutuhkan oleh kelompok PKK Kelurahan Kubu Gadang,” katanya.

Dengan adanya kegiatan pelatihan kewirausahaan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan keberdayaan ekonomi rumah ibu-ibu PKK Kelurahan Kubu Gadang yang memiliki jiwa tangguh dan mandiri, mampu membantu keuangan keluarga, terampil dalam berusaha, dan memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan usaha secara baik.

- Advertisement -

Berita Terkini