Ketua SPS Sumut : Pembaca Koran Menurun di Era Digital

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Era digitalisasi perusahaan media online kini meningkat, hingga berhasil menguasai pasar pembaca. Hal tersebut dikatakan ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumatera Utara, Farianda Putra Sinik, SH saat mengisi panel diskusi bersama calon anggota PWI Kabupaten/Kota se Sumatera Utara, di Le Polonia Hotel, Kartini Ballroom, Medan, Kamis (28/7/2022).

Menurutnya, persentase pembaca koran atau surat kabar harian menurun. Hal ini merupakan realitas yang tak bisa dibantah seiring dengan percepatan di era digital.

“Saat ini, tak bisa dipungkiri bahwa media online menguasai Iklan di Indonesia, sisanya cetak dan iklan televisi,” kata Farianda yang juga merupakan Ketua PWI Sumut.

“Oleh Karenanya, jurnalis dan kantor berita dipaksa dan terpaksa menampilkan karya jurnalistiknya melalui media daring,” sambung dia.

Untuk menjawab itu, katanya, media cetak juga harus berani mengikuti perkembangan zaman digital.

“Artinya, perusahaan pers harus berinovasi,” ujarnya.

Ketua SPS Sumut
Peserta panel diskusi bersama calon anggota PWI Kabupaten/Kota se Sumatera Utara

Dijelaskannya, hasil penelitian Dewan Pers  dan  LPM Fakultas Ilmu Komunikasi Universtitas Prof Dr Moestopo tahun 2021, dimasa pandemi Covid-19, kepercayaan publik terhadap media surat kabar atau harian adalah 36,3 persen dan kepada Media Siber 37,2 persen.

Tidak hanya itu, Farianda menegaskan bahwa aspek lain yang harus tetap dikedepankan perusahaan pers dan pekerja medianya adalah mematuhi kode etik jurnalistik dalam semua kegiatan jurnalistiknya.

“Mematuhi standar perusahaan pers, dan mematuhi standar kompetensi wartawan,” tutur Farianda. (AK)

- Advertisement -

Berita Terkini