Batu Bara Gencar Antisipasi Penularan PMK, 70 Persen Hewan Ternak Sembuh

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Batu Bara – Dinas Peternakan dan Perikanan Batu Bara terus gencar mengantisipasi penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yang berkuku belah seperti sapi, kerbau, kambing dan babi, dengan mengunjungi secara door to door ke kandang hewan ternak milik warga.

Salah satunya pengobatan hewan ternak yang terkena PMK di Desa Simpang Dolok, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Petugas Kesehatan Dinas Peternakan Batu Bara melakukan pengobatan dengan cara menyuntikkan hewan ternak dengan antibiotik, vitamin, dan menyemprotkan cairan disinfektan pada bagian kuku hewan ternak dan juga menyemprotkan disinfektan pada kandang-kandang hewan ternak, Sabtu 25 Juni 2022.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Batu Bara Drh. Emmy Oftini mengatakan, proses penularan PMK pada hewan ternak ada beberapa macam di antaranya, penularan virus melalui udara dengan radius sejauh 60 kilometer, penularan melalui kontak langsung sesama hewan ternak, dan penularan kontak tidak lansung lewat pemilik hewan ternak.

Dari metode pengobatan ini diketahui dari 40 ribu ekor populasi hewan ternak di Batu Bara, terdapat 5 ribu ekor hewan ternak positif suspek PMK, dan sebanyak 3800 ekor atau 70 persen dari jumlah hewan yang positif suspek PMK dinyatakan sembuh dan sebanyak lima ekor disembelih paksa.

Dinas Peternakan Batu Bara mengimbau agar para peternak segera melaporkan kepada petugas setempat dan mengisolasi hewan ternaknya apabila terindikasi PMK guna mencegah maraknya penularan PMK. (AK)

- Advertisement -

Berita Terkini