FKM UIN SU Medan, Menggelar Pelatihan Penelitian

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FKM UIN-SU) Medan menggelar kegiatan Pelatihan Penelitian bagi
Dosen di Hotel Grand Kanaya Medan, Rabu (20/04/2021).

Pelatihan penelitian ini merupakan upaya meningkatkan kompetensi dan pengembangan sikap ilmiah dosen FKM sehingga memiliki standar kompetensi dapat diandalkan dalam melakukan tugas pokok dosen setiap tahun untuk menghasilkan karya ilmiah, berupa penelitian dan artikel ilmiah yang dimuat pada berbagai jurnal sinta 3 dan sinta 2, bahkan pada jurnal bereputasi internasional, demikian disampaikan Dekan FKM UIN SU Medan Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd, pada acara pembukaan kegiatan tersebut.

FKM UIN SU Medan
Dekan FKM UIN SU Medan Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd bersama Wakil Dekan mengikuti Pelatihan Penelitian (Foto: Dok Istimewa)

Lebih lanjut disampaikan Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd, dengan meningkatnya kompetensi dosen dalam melakukan penelitian, diharapkan kegiatan penelitian yang dilakukan setiap tahun, selain sebagai pemenuhan beban kerja dosen, sekaligus pengujian teori ilmu pengetahuan dan pengembangan teori dalam kerangka masalah kehidupan khususnya bidang kesehatan dapat tercapai.

“Dengan begitu, sifat ilmu pengeatahuan yang selalu diharapkan dinamis dapat terwujud sehingga pemecahan masalah kehidupan yang bersifat sistemik dapat direspon ilmuan dengan berkelanjutan. Dalam konteks kekinian, isu-isu kesehatan seperti masalah pandemik covid-19, penanggulangan penyakit tidak menular (PTM), penyakit menular, dan masalah stanting yang tak kunjung tuntas, terus mengemuka dan menuntut pemecahan sebagai tanggung jawab ilmuan dalam tugasnya, padahal target 2025, visi Indonesia sehat harus dapat diwujudkan,” papar Guru Besar UIN SU itu.

FKM UIN SU Medan
Narasumber pelatihan Ir. Etti Sudaryati, M.K.M, Ph.D, dosen dan juga Wakil Dekan III FKM USU (Foto: Dok Istimewa)

Narasumber pelatihan Ir. Etti Sudaryati, M.K.M, Ph.D, dosen dan juga Wakil Dekan III FKM USU, dalam paparannya menyampaikan bahwa dosen merupakan pendidik professional yang tugas utamanya adalah mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmunya melalui Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi).

“Penelitian wajib dilakukan oleh setiap dosen untuk memenuhi tanggung jawab profesinya, namun harus dilakukan sesuai dengan kaidah dan metode ilmiah yang tepat dan sistematis,” tambahnya.

Kegiatan penelitian ini, lanjut beliau, harus dilakukan oleh setiap dosen dan diintegrasikan dengan kegiatan lainnya dalam tridarma (pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat), maka kegiatan pendidikan yang dilakukan dosen disetiap mata kuliahnya haruslah berbasis pada penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukannya yang mana dalam pelaksanaanya haruslah berdasarkan pada roadmap penelitian dosen masing-masing,” sambungnya.

“Roadmap penelitian para dosen tersebut akan menjadi tolak ukur kepakaran ilmunya serta menjadi dasar penyusunan roadmap penelitian Fakultas dalam jangka panjang,” jelas Etti Sudaryati.

FKM UIN SU Medan
FKM UIN SU Medan, menggelar Pelatihan Penelitian (Foto: Dok Istimewa)

Kegiatan ini berjalan lancar, dan juga dirangkai dengan presentasi proposal penelitian yang diajukan dosen–dosen FKM UIN SU pada tahun ini, yang juga dihadiri Dr. Muhammad Furqon, M.Com, Sc, Dr. Watni Marpaung, MA, dan Dr. Salamuddin, MA, sebagai Wakil Dekan I, II, dan III. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini