Tokoh Masyarakat Deli Serdang, Dahnil Ginting : Bupati Harus Evaluasi Pilkades

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Deli Serdang – Pemiihan Kepala Desa (Pilkades) serentak se – Kabupaten Deli Serdang yang berlangsung 18 April 2022 lalu tidak disambut antusias warga pemilik hak suara. Dari 304 desa di 22 kecamatan yang berada di Kabupaten Deli Serdang yang melaksanakan Pilkades serentak, partisipasi pemilih rata-rata dibawah 30 persen.

Hal tersebut menimbulkan kekecewaan tokoh masyarakat Deli Serdang Muhammad Dahnil Ginting. Ia mencontohkan Pilkades di Desa Sampali dimana jumlah pemilih yang hadir di tempat pemungutan suara hanya 6 ribu orang dari jumlah pemilih tetap yang terdaftar 19 ribu orang.

“Sebagai warga penduduk yang telah lama bermukim di Desa Sampali, Deli Serdang, saya kecewa melihat partisipasi pemilih di Pilkades yang begitu rendah. Padahal pesta demokrasi tingkat desa menentukan masa depan pembangunan terlebih lagi setelah ada dana desa,” kata Dahnil Ginting, Kamis (21/4/2022).

Rendahnya keikutsertaan masyarakat pada Pilkades itu, sambung Dahnil, menimbulkan tanda tanya. “Apakah sosialisasi jadwal Pilkades yang tidak gencar disampaikan Pemkab Deli Serdang ke masyarakat atau ada pihak – pihak yang sengaja menciptakan situasi agar partisipasi pemilih rendah. Saya harap Bupati Deli Serdang  Ashari Tambunan, Ketua DPRD Deli Serdang dan Camat Percut Seituan untuk turun ke Desa Sampali, guna melakukan evaluasi,” ujar mantan Ketua Umum Serikat Pekerja Karyawan PTPN II ini.

Evaluasi partisipasi pemilih di Pilkades, ujar pendiri Partai Gerindra Deli Serdang ini, penting dilakukan sehingga kades terpilih memiliki legitimasi yang kuat sehingga dapat meneruskan pembangunan dalam penyelenggaraan pencapaian visi-misi Kabupaten Deli Serdang.

“Presiden Jokowi dalam pertemuan kepala desa se – Indonesia baru-baru ini di Jakarta juga menyampaikan harapannya agar pelaksanaan Pilkades berjalan dengan baik dan  hak-hak warga terpenuhi untuk memilih siapa calon kades terbaik yang mampu merubah wajah desa menjadi lebih baik,” kata Dahnil. (tim)

- Advertisement -

Berita Terkini