Pemkab Langkat, Akhirnya Perbaiki Sementara Jalan Proklamasi yang Berlubang

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat akhirnya memperbaiki sementara Jalan Proklamasi Kelurahan Kwala Bingai Kecamatan Stabat yang berlubang menggunakan pasir dan batu (Sirtu).

Dilihat mudanews.com dalam foto, tampak pekerja menimbun jalan memanfaatkan kereta sorong dan cangkul. Sirtunya dibawa menggunakan mobil colt diesel.

“Tadi pagi sudah ditutup sementara,” kata Plt Kadis PUPR Langkat H. Sujarno S.Sos., MSi kepada mudanews.com, Kamis (29/7/2021).

Sebenarnya, untuk memperbaiki Jalan Proklamasi yang berlubang dan rusak pihak PT HKI, namun menunggu HKI terlalu lama. “Nunggu dari HKI lama kali,” kata Sujarno.

Sebelumnya, Rangga, salah seorang warga Langkat menyayangkan Jalan Proklamasi tersebut belum diperbaiki. Ia menegaskan Pemkab Langkat tidak perlu memberikan beban ke PT HKI.

“Seharusnya Pemerintah Daerah (Pemda) tidak sepenuhnya melepas tanggungan ke HKI,” tegas Rangga.

HKI itu, sambungnya, menjalankan program pemerintah pusat untuk pembangunan insfrastruktur demi Indonesia Maju.

“HKI ada juga menjalankan rencana pembangunan dari pusat, harusnya pemerintah tidak membebankan penuh kepada HKI,” ujarnya.

Lanjut Rangga, dengan membebankan kesalahan ke HKI sepenuhnya terkesan pemerintah daerah dinilai seakan kurang mendukung secara kuantitas.

H. Sujarno membeberkan, persoalan jalan rusak di wilayah Ibukota Stabat bahwa kerusakan ringan yang berada di sepanjang jalan utama kantor bupati, yakni Jalan Proklamasi, diakibatkan akses dari lalu lintas truk-truk ukuran besar yang membawa material pembangunan jalan Tol Binjai–Stabat, yang tidak bisa dihindari.

“Untuk mengatasi sementara kerusakan jalan tersebut sesuai dengan perjanjian dengan pihak HKI, selaku pelaksana pembangunan tol, akan ditangani pihak HKI, sedangkan untuk perbaikan secara permanen sudah tentu akan dilaksanakan jika pembangunan jalan rige Binjai-Stabat sudah rampung dikerjakan,” jelas Sujarno kepada mudanews.com, Senin (12/7/2021).

(red)

- Advertisement -

Berita Terkini