IHSG Hanya Naik Tipis, Rupiah Sedikit Mengalami Pelemahan

Ditutup Hijau, IHSG Bergerak Bak Roller Coaster
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja IHSG selama sesi perdagangan hari ini bergerak sideways. Sempat parkir sebentar di teritori negative 5.802,67.

“IHSG akhirnya mampu ditutup menguat tipis 0.15% di level 5.822,94. Secara teknikal IHSG mencoba untuk turun dan menembus level psikologis 5.800. Akan tetapi level psikologis tersebut belum mampu di lewati sehingga memicu terjadinya teknikal rebound,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Kamis (3/12/2020).

Disisi lainnya, Rupiah justru mengalami tekanan dan ditutup melemah di level 14.140 per US Dolar pada perdagangan hari ini.

“Rupiah juga diyakini masih sulit untuk menembus level psikologis 14.100. Ada beberapa sentiment buruk belakangan yang muncul ke pasar keuangan,” paparnya.

Sekalipun Rupiah nantinya bisa saja diuntungkan dari kebijakan stimulus yang ada di AS.

“Akan tetapi, kabar mengenai bahwa Joe Biden belum tentu akan meredam perang dagang antara AS dan China, menjadi sentiment buruk bagi pasar keuangan secara keseluruhan,” ujarnya.

Terlebih hubungan antara China dan Australia memburuk saat ini. Seperti yang diketahui bahwa China merupakan mitra dagang strategis Australia. Dan disaat ini, wacana perang dagang yang kembali mencuat.

“Australia secara mengejutkan mengambil posisi berseberangan dengan China. Hal ini kembali memperkeruh sentiment pasar keuangan secara keeluruhan,” beber Benjamin. (red)