Gala Dinner dan Penyambutan Peserta Rakornas Geopark Indonesia Sukses Dilaksanakan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, SIJUNJUNG – Gala dinner dan penyambutan peserta rapat kordinasi nasional (rakornas) Geopark Indonesia di rumah dinas Bupati Sijunjung sukses dilaksanakan pada Minggu malam, 19 November 2023.

Diketahui, gala dinner tersebut dihadiri langsung oleh deputi bidang kemaritiman dan sumber daya alam Vivi Yulaswati, Ketua Dewan Pakai KNGI Mega F Rosana, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, anggota Komite Nasional Geopark Indonesia, 10 Badan Pengelola Unesco Global Geopark (BP UGGp), sembilan Geopark Nasional, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah, Bupati /Walikota di Sumbar, Forkopimda dan awak media.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya menyampaikan kepada peserta rakornas tak bisa hanya satu atau dua hari menikmati keindahan Sumatera Barat.

“Tidak bisa hanya satu hari atau dua menikmati keindahan Sumatera Barat. Bapak ibuk harus datang kembali lagi kesini nantinya,” kata Mahyeldi disambut gelak tawa peserta.

Mahyeldi mengaku, bahkan dalam berbagai kesempatan, ia selalu menghimbau agar memperbanyak even nasional di Ranah Minang guna menarik jumlah kunjungan dan perputaran uang.

“Terimakasih kepada bupati dan wakil bupati Sijunjung yang selalu kompak, sehingga terlaksananya acara gala dinner event Rakornas Geopark Indonesia tahun 2023 ini,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappenas, Vivi Yulaswati dalam sambutannya memuji pemkab Sijunjung dalam pelaksanaan Rakornas tersebut. Ia berharap, Geopark Silokek yang berada di kabupaten Sijunjung bisa masuk Unesco Global Geopark menyusul beberapa lainnya yang telah lebih dahulu masuk.

“Berkat kolaborasi semua unsur, mudah-mudahan Geopark Silokek bisa menjadi Unesco Global Geopark,” harapnya.

Bupati Benny Dwifa Yuswir pada kesempatan itu turut menyerahkan goody bag kepada Ketua Dewan Pakar KNGI Mega F. Rosana, yang disaksikan oleh gubernur, wabup serta peserta dan undangan lainnya.

Diketahui, Bappenas akan menggelar Rakornas Geopark Indonesia akan dilaksanakan di Kabupaten Sijunjung yang memiliki Geopark Silokek selama 4 hari mulai dari 19 s.d 22 November 2023. Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dengan penjemputan peserta ke bandara dan gala dinner serta penyambutan peserta di rumah dinas Bupati Sijunjung. Dalam penyambutan tersebut, peserta disuguhkan makan malam dan hiburan berupa tarian dan nyanyian.

Selanjutnya, pada hari Senin (hari ini-red) nantinya dimulai dengan registrasi peserta, pembukaan, penyampaian materi, dilanjutkan dengan diskusi dan workshop. Sementara itu, pada hari Selasa, peserta menikmati Amazing Field Trip yang dibagi ke beberapa tempat objek wisata kebanggaan Sijunjung diantaranya Geopark Silokek, Jambu Lipo, Air Terjun Batang Taye, Arum Jeram, Ngalau Talago dan diakhiri dengan makan bajamba di Balairung serta penutupan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Muaro Sijunjung.

Nantinya, Rakornas tersebut bakal diikuti 23 kementerian/lembaga, 11 unsur pemerintah daerah, 10 Badan Pengelola Unesco Global Geopark (BP UGGp) serta sembilan BP Geopark Nasional. Kemudian diikuti juga oleh 16 pakar, akademisi dan asosiasi profesi juga akan menghadiri Rakor yang berlangsung selama empat hari tersebut.

Melalui Rakornas tersebut, diharapkan tersusun program kerja tahun 2024 yang memainkan peran krusial guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, Sustainable Development Goals (SDGs).

Metodologi Rakornas terdiri dari materi oleh narasumber, diskusi, rapat kerja, Focus Group Discussion (FGD), rumusan hasil serta observasi geosite. (Zak)

- Advertisement -

Berita Terkini