Sekjen KAHMI : Inspirasi Nabi Ibrahim Mendorong Warga KAHMI untuk Terus Mengukir Prestasi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Depok – Sekretaris Jenderal Majelis Masional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Sekjen MN KAHMI), Manimbang Kahariady menegaskan bahwa kisah teladan yang sangat inspiratif dari Baginda Ibrahim Alaihissalam beserta putranya adalah menjadi pendorong yang sangat kuat bagi warga KAHMI untuk terus mengukir prestasi.

“Keteladanan yang inspiratif dari Baginda Nabi Ibrahim yang dibuktikannya dengan tiga dimensi esensial dalam perjalanan dakwah Baginda Nabi Ibrahim adalah ketaatan yang sempurna atas segala perintah Allah, pengorbanan yang luar biasa dari sesuatu yang sangat dicintainya serta sikap Istiqomah di dalam menegakkan syiar Islam,” kata Manimbang saat memberikan sambutan acara pemotongan dan penyerahan hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1443 H yang berlangsung di Graha Insan Cita, Jalan Lafran Pane, Depok, Jawa Barat, Senin (11/7/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan saat para fungsionaris dan warga terpilih sedang giat-giatnya tugas dan tanggung jawab tanggung jawab dalam mengemban tugas organisasi memang diperlukan pengorbanan waktu, tenaga, pikiran bahkan biaya serta ketaatan pada konstitusi serta komitmen dan keinginan yang kuat untuk memberikan karya terbaik yang memungkinkan warga KAHMI untuk mengukir prestasi.

“Karenanya melalui kegiatan pemotongan dan pembagian hewan kurban diharapkan bisa menginspirasi warga KAHMI untuk tetap istiqomah di dalam melaksanakan amanah yang telah diterima ketika diikrarkan menjadi pengurus,” tuturnya.

Menurut Manimbang, kegiatan pemotongan hewan kurban dilakukan oleh KAHMI tidak sekedar kegiatan rutinitas setiap tahun, dan dimensi fisik atau kegiatan organisasi dengan berbagai aktivitas menghimpun dan menyalurkan hewan kurban, tetapi yang lebih penting dari itu terkandung makna yang sangat mendalam bahwa syiar Islam itu terus dilakukan dengan aktivitas pemotongan hewan kurban.

“Makna syiar itu sangat melekat dengan upaya kita melakukan dakwah secara kontinu dan berkualitas serta terus menunjukkan identitas kita sebagai pribadi muslim di tengah arus atau gelombang yang begitu kuat untuk mencoba melakukan upaya-upaya sistematis yang kita saksikan melalui sosial media dari kelompok tertentu yang berpijak pada semangat atau pemikiran desakralisasi atau degradasi terhadap nilai-nilai agama dalam situasi arus revolusi media sosial yang begitu tinggi yang menuntut kepekaan kemampuan kita untuk melakukan antisipasi serta komitmen atau konsistensi di dalam mempertahankan jati diri, identitas serta perilaku kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam yang telah ditunjukkan oleh Baginda Ibrahim Alaihissalam dalam berbagai ujian cobaan pengorbanan di dalam perjalanan dakwah yang dilakukan,” jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, kegiatan pengorbanan ini diharapkan akan memberi efek yang sangat positif bagi warga KAHMI dan juga komitmen yang tinggi untuk terus memperhatikan situasi atau kondisi keluarga atau masyarakat sekitar dengan pemberian hewan kurban, dengan disalurkan hewan kurban ini bisa menjadi ikatan batin dan komunikasi yang Intens antara KAHMI dengan masyarakat sekitar sehingga tumbuh semangat dan hasrat kuat untuk berbagi memberikan perhatian terhadap kondisi masyarakat.

Hewan kurban yang terkumpul 6 sapi dan 8 ekor kambing dari para warga atau senior KAHMI diantaranya sumbangan dari Kanda Akbar Tanjung, Presidium KAHMI Dr H. Ahmad Doli Kurnia Tanjung SSi MT kemudian Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo SE MBA dan beberapa pejabat pemerintah pusat dan daerah serta pengusaha yang dari alumni HMI.

Walhasil, Manimbang memberi apresiasi kepada panitia yang dipimpin oleh saudara Rudi Marpaung atas kecepatan, kecekatan dan kemampuan mengorganisir dalam waktu singkat sehingga amanah yang diberikan oleh para penyumbang kurban dapat disalurkan secepatnya.

Kegiatan pemotongan hewan Kurban dan penyaluran daging hewan Kurban kepada yang berhak menerimanya, menurut Manimbang ini memberikan penguatan energi internal organisasi yaitu rasa persatuan dan kebersamaan persaudaraan, kerjasama yang berkualitas.

“Dan tentu saja kesiapan menghadapi berbagai dinamika ujian dan cobaan dan dibuktikan dengan kerjasama yang baik berbagai halangan rintangan dapat diatasi dan diperkuat dengan optimisme bahwa ditengah kesulitan selalu ada kemudahan,” kata dia.

Sekjen KAHMI
Sekjen MN KAHMI Manimbang Kahariady (peci hitam) memberikan kata sambutan. (Ist)

Manimbang berharap bahwa para pengurus dan warga KAHMI terus meningkatkan kualitas pengabdiannya meskipun berbagai ujian dan cobaan datang menghampiri, tapi dengan keteladanan contoh kisah inspiratif dan indah Nabi Ibrahim Alaihissalam dapat menjadi energi dan inspirasi serta motivasi bagi para pengurus dan harga KAHMI untuk mewujudkan prestasi dan cita-cita besar selalu ada dinamika dan cobaan, namun dengan sikap yang istiqomah keyakinan yang kuat akan tercapainya tujuan mulia itu dapat dibuktikan dengan kerjasama yang baik.

Lebih lanjut dikatakannya, potensi komunikasi dan kerjasama, konsolidasi potensi dalam berbagai kegiatan KAHMI akan sangat menjadi penyumbang positif dalam upaya merawat kebersamaan sampai dengan pelaksanaan Munas KAHMI ke-11 yang akan datang.

“Kegiatan pemotongan hewan kurban adalah kesempatan yang baik untuk terus meningkatkan kualitas konsolidasi organisasi dalam rangka memperlancar tugas-tugas yang telah dipercayakan untuk menyukseskan pencapaian tujuan organisasi,” pungkas Manimbang. (Arda)

- Advertisement -

Berita Terkini