Serasehan Kebudayaan Mandailing Momentum Persatuan Masyarakat Mandailing

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Kota Medan menjadi saksi bersatunya masyarakat Mandailing pada acara serasehan kebudayaan Mandailing, bertempat di Ball Room Hotel Madani Medan pada Sabtu (16/7/2022).

Atas dasar kesadaran bersama pentingnya persatuan masyarakat Mandailing demi masa depan yang lebih baik. Dengan ias ni boi dohot bontar ni ate-ate (kejernihan pikiran, dan kerendahan hati). Seluruh masyarakat Mandailing tumpah ruah dalam acara yang meriah.

Diiringi Tabuhan Gordang Sambilan alat music khas Mandailing, seluruh seluruh tokoh Mandailing dan peserta dari berbagai organisasi Mandailing dan marga-marga di Mandailing hadir, bersatu dalam kegiatan ini.

Hadir dalam acara ini H. Aswin Parinduri SH, Ketua Pengurus Daerah Himpunan Keluarga Mandailing (Hikma) Sumut, H. Ivan Iskandar Mangkuto Raja Batubara, Gelar Patuan Parimpunan Gomgom Ketua Kadin Sumut, H. Ikrom Helmi Nasution SH yang mewakili Dr. H. Amarullah Nasution SE MBA Ketua DPD Ikatan Keluarga Nasution Dohot Anak Boruna (Ikanas ) Sumut serta Ketua DPW HIMA Lubis Sumut Dohot Anak Boruna H. Erwin Lubis SH MM.

Serasehan Kebudayaan Mandailing Momentum Persatuan Masyarakat Mandailing
Foto bersama (Foto: dok istimewa)

Selanjutnya H. Solahuddin Rangkuti SE MM Gelar Patuan Soripada Mulia Ketua DPP Parsadaan Keluarga Besar Rangkuti Dohot Anak Boruna, H. M. Hasan Pulungan Ketua PD Ikatan Keluarga Siabu (IKMAS), Dr. Zulkifli B Lubis MA (Antropolog USU), Dr. Joharis Lubis, M.Pd (Akademisi Unimed).

Selain itu, Drs Muhammad Bakhsan Parinduri Gelar Jasinaloan (Budayawan Mandailing) H. Hidayatullah SE, Penasehat Parsadaan Keluarga Besar Rangkuti dan Tokoh Pembina UMKM Sumut, Khoiruddin Rangkuti, Drs H Yulizar Parlagutan Lubis, Drs. Parlaungan Lubis, Marahusin Lubis SH, Dr. Edi Yunara Batubara Ketua Mandailing Center, Drs Sam’an Lubis dan seluruh masyarakat Mandailing kurang lebih tiga ratus orang peserta.

Usai makan siang bersama dilanjutkan dengan manortor bersama ketua-ketua marga dan Ormas Mandailing dilanjutkan dengan serasehan budaya Mandailing. Di akhir acara, Ketua panitia Ahmad Rosadi Rangkuti saat diwawancarai menyampaikan panitia menyimpulkan beberapa kesepakatan awal untuk memajukan Mandailing, ada 3 hal diantaranya :

1. Persatuan seluruh masyarakat Mandailing diseluruh dunia

2. Masyarakat Mandailing saling membantu dimanapun berada dalam hal pendidikan, ekonomi dan bisnis, lapangan pekerjaan, sosial budaya, dan politik

3. Komitmen membangun sopo godang Mandailing di kota Medan. Seluruh pembicara dan ketua parsadaan dan Ormas yang hadir menanda tangani secara simbolis kesepakatan Persatuan Mandailing.

, ide ini muncul sudah lama sekali, baru hari ini terlaksana.

“Dan kita semua berkomitmen untuk terus bersatu setelah hari ini, dan akan terus melaksanakan kegiatan bersama. Untuk mengembailkan kembali kejayaan Mandailing. Karena Mandailing sudah jaya sejak zaman Majapahit. Disebutkan dalam syair Negarakertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca dalam syair ke-13 Kakawin terdapat kata Mandailing yang akan menjadi tujuan infasinya,” pungkasnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini