Catatan Doeloe-Doeloe, Silsilah Keluarga Surbakti (2)

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM – Berikut Silsilah Keluarga (Tarombo) Surbakti yang penulis dapatkan dari MA. Siddik Surbakti, salahsatu kerabat Surbakti-Gajah. Silsilah ini merupakan susunan dari Allah Yarham Datuk Chairil Anwar Surbakti, kerabat Surbakti Sunggal.

Datuk Amar Laut Surbakti (1821 – 1845)

Pengganti Datuk Andan/Undan Surbakti dengan pusat Pemerintahan di Jejabi ,mempunyai 4 orang anak, 3 orang anak laki-laki,  Datuk Abdullah Ahmad Surbakti,Datuk Abdul Jalil Surbakti,

Datuk Muhammad Dini Surbakti dan 1 orang Anak perempuan.

Pada tahun 1822 raja Deli Panglima Mangedar Alam Ingin menaklukkan Sunggal, tahun 1822 dan gagal. Pada tahun 1823, Sunggal melepaskan semua ikatan yang pernah ada dengan Deli, mengeluarkan cap dan bendera sendiri, dan meresmikan Sunggal Merdeka.

Datuk Ahmad (Abdul Hamid) Surbakti, Datuk Sri Indera Pahlawan Wazir Serbanyaman Ulon Janji (1845 – 1857)

Pengganti Datuk Amar Laut Surbakti dengan pusat Pemerintahan di Sunggal (sekarang Jl.PAM.Tirtanadi). Mempunyai 8 orang anak, 6 orang anak laki-laki,  Datuk Mohd.Mahir Sri Indera Pahlawan Surbakti, Datuk Mohd.Lazim Sri Indera Pahlawan Surbakti, Datuk Mohd.Darus Sri Indera Pahlawan Surbakti, Datuk Badiuzzaman Sri Indera Pahlawan Surbakti, Datuk Mohd.Alang Bahar Sri Indera Pahlawan, Surbakti,Datuk Mohd Alif Sri Indera Pahlawan
Surbakti,  dan 1 orang anak perempuan Aja Amah/Olong Surbakti.

Pada masa ini Sunggal meresmikan namanya yakni Serbanyaman. Pada masa ini Sultan Osman I kembali berhubungan Dengan Sunggal dan Aceh,dan Instituut Ulon Janji Kembali diaktifkan.

Datuk Ahmad mempunyai dua orang saudara laki laki, Datuk Jalil Surbakti kawin dengan puteri Selesai, mempunyai anak Sulong Barat Sulong Putera, dan seorang anak perempuan.

Datuk Kecil (Mahini) Atas permufakatan keluarga diangkat sebagai pemangku kerajaan Sunggal pada tahun 1857 (saat Itu Datuk Badiuzzaman Surbakti baru berusia 12 tahun,dan diamanatkan untuk menggantikan Ayahnya Datuk Ahmad Abdul Hamid Sri Indera Pahlawan Surbakti)
Memimpin kerajaan Sunggal sampai dengan tahun 1866.

Datuk Badiuzzaman Sri Indera Pahlawan Surbakti (1866 – 1895)

Menjadi Raja Urung Sunggal serbanyaman pada saat berumur 21 tahun,mempunyai 7 orang anak, 4 orang anak laki-laki;   Datuk Mohd Munai Surbakti, Datuk Mohd Inggot Surbakti, Datuk Ralit Surbakti, Datuk Kinu Surbakti dan 3 orang anak perempuan Aja Itam Buruk br Surbakti, Aja Itam Merah br Surbakti dan Aja Loyah br Surbakti.

Datuk Badiuzzaman Sri Indera Pahlawan Surbakti dan Datuk Muhammad Alang Bahar Sri Indera Pahlawan Surbakti,adalah dua orang pahlawan perang Sunggal (1872-1895) yang sejak tahun 1873 dengan didukung oleh rakyatnya, yaitu rakyat Serbanyaman Sunggal dan suku karo lainnya mengadakan pembakaran terhadap bangsal – bangsal tembakau maskapai Belanda Deli Maskapai,dan De Rotterdam, karena telah merampas tanah mereka.

Perang gerilya lebih dari 20 tahun yang merupakan perang yang memakan waktu paling lama di Indonesia, ini dibuktikan dengan keluarnya Besluit No.3 tanggal 20 Januari 1895 yaitu pembuangan seumur hidup atas Pahlawan Sunggal oleh Pemerintah Hindia Belanda yaitu Datuk Badiuzzaman Surbakti ke Cianjur dan Datuk Alang Muhammad Bahar ke Banyumas. . ,ketika kabar ini sampai ke Sunggal maka 3 bulan rakyat Sunggal berkabung sebagai tanda hormat dan kesetiaan mereka terhadap kedua pejuang tersebut.Sampai sekarang kuburan kedua Datuk tersebut dihormati oleh penduduk Cianjur dan Banyumas, dan dikenal dengan julukan Makam Raja Deli.

Datuk Muhammad Munai Surbakti

Mempunyai 6 Orang anak laki-laki :
1.Datuk Muhammad Jalip Surbakti.
2.Datuk Muhammad Hasan Surbakti.
3.Datuk Muhammad Hitam Surbakti.
4.Datuk Muhammad Nur.
5.Datuk Muhammad Bagus.
6.Datuk Harmansyah.

Sedangkan adik Datuk Badiuzzaman Surbakti, yaitu Datuk Alang Muhammad Alang Bahar Sri Indera Pahlawan Surbakti mempunyai 13 orang anak yaitu :

a.Dari Istri Aja Jambu mendapatkan anak : Datuk Apuk, Datuk Armia, Aja Sakti, Aja Asbah, Aja
Patimah Syam, Aja Lio, Aja Kalsum, dan Datuk Syahbuddin.

b.Dari Istri Encik Surat mendapatkan anak :Aja Tepak, Datuk Hod, Aja Ramah dan DATUK SONET MAINAN Sri Indera Pahlawan SURBAKTI .

c.Dari istri Nyati mendapatkan anak : Aja Imah,

Datuk Muhammad Hitam Sri Indera Diraja Surbakti.

Mempunyai 5 orang anak dengan istri Aja Mili yaitu:Aja Miliunnah Surbakti,Datuk Ahmad Nil Surbakti,AJA MAHNON br SURBAKTI,Aja Nuraini Surbakti,Datuk Agustin Surbakti.

Datuk Sonet Mainan Surbakti mempunyai 11 orang anak dan istri bernama Saleha yaitu : DATUK ANWARSAL SURBAKTI, Aja Mariani Surbakti,Aja Aidia Surbakti,Aja Warca Surbakti,Datuk Ainu Harsun Surbakti,Aja Nuriani Surbakti,Datuk Ihsan Surbakti,Aja Ranian Surbakti,Datuk Syariful Surbakti,Datuk Mansyursyah Surbakti,Aja Habsyah Surbakti.

Aja Mahnon Surbakti.

Kawin dengan Datuk Anwarsal Surbakti mempunyai 5 orang anak yaitu :
1.Aja Zubaidah Surbakti.
2.Aja Warnon Surbakti.
3.Aja Chairanum Surbakti.
4.Datuk Umani Mahyuddin Surbakti.
5.DATUK CHAIRIL ANWAR SURBAKTI.

Datuk Chairil Anwar Surbakti.

Kawin dengan Rosiana Simatupang mempunyai 4 orang anak yaitu :
1AJA CHAIRINA RAHMAH SURBAKTI.
2.DATUK ABDUL JABBAR SHIDDIQAL CHAIR
FATHANAH SURBAKTI.
3.DATUK ABDUL RAZZAQ TABLIGHUL CHAIR
AMANAH SURBAKTI.
4.DATUK ABDUL HAFIIZH TABLIGHUL CHAIR
AMANAH SURBAKTI

- Advertisement -

Berita Terkini