Pelatihan Pengolahan Pakan Ternak Fermentasi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Deli Serdang – Fakultas Pertanian UMSU menyelenggarakan Pelatihan Pengolahan Pakan Ternak dengan cara Fermentasi di Desa Marendal II, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, sebagai upaya meningkatkan potensi ternak, pada Minggu (14/06/2020).

Menurut Ketua Tim PKM UMSU Nana Trisna Mei Br Kabeakan, S.P M.Si, kegiatan tersebut bertujuan membagi pengetahuan kepada masyarakat langsung bagaimana cara membuat pakan ternak yang tahan lama bila disimpan dan memiliki potensi penuruan kualitas yang kecil.

Dengan demikian, apabila para peternak mampu mengaplikasikan pembuatan pakan tersebut maka petani tidak harus merumput sehingga tenaga dapat dialokasikan ke kegiatan lain yang dapat menunjang ekonomi.

Sedangkan Kepala Laboratorium Fakultas Pertanian UMSU dan Pengurus DPD PTI Sumut Muhammad Alqamari, SP MP, mengatakan bahwa pengolahan metode fermentasi tersebut akan memberikan kemudahan para peternak dalam menyediakan pakan ternak. Antara lain mereka dapat mencari rumput secara berkala, kandang tidak berbau, asupan gizi ternak terpenuhi dan bahan yang dipakai dapat menggunakan jerami, sampah organik dan dedaunan di sekitar. Sehingga secara ekonomis mereka dapat mengurangi biaya pakan dan dapat meningkatkan produktifitas ternak mereka.

Berbeda dengan cara pemberian pakan secara biasa dengan mengunakan pengolahan pakan fermentasi, mereka (peternak) selain lebih banyak waktu luang yang bisa digunakan untuk aktifitas lainnya juga bisa menghemat biaya pakan untuk ternak mereka.

“Pakan ternak yang mampu disimpan dalam jangka panjang dapat menjadi solusi dari permasalahan kekurangan pakan ternak,” papar Muhammad Alqamari, SP MP, yang juga sebagai Pemateri. Berita Deli Serdang, red

- Advertisement -

Berita Terkini