YPI Masyariqul Anwar Bersama FORSAMMA, Bantu Korban Banjir Banten dengan Trauma Healing

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Pandeglang – Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Masyariqul Anwar Caringin berikan Bantuan Psikologis untuk korban banjir di lebak, Banten. Bantuan psikologis yaitu Trauma Healing adalah penyembuhan masa trauma bagi para pengungsi/korban yang menjadi perhatian selain kebutuhan dasar fisik yang penting, Selasa (07/01/20).

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Yayasan Pendidikan Islam Masyariqul Anwar Caringin yang mengajak OSIS, Forum Silaturahmi Alumni Masyariqul Anwar (FORSAMMA), serta Asosiasi Psikologi Sekolah Indonesia (APSI) Wilayah Banten terhadap para korban banjir dan tanah longsor di kabupaten Lebak, Banten.

Kondisi keprihatinan atas bencana banjir di beberapa kecamatan di Kabupaten Lebak mengundang simpati semua masyarakat. Rasa kekeluargaan begitu melekat disetiap individunya sehingga empati yang kuat dari masyarakat terwujud dalam bantuan-bantuan yang bisa diberikan.

Para relawan atau masyarakat hendaknya memahami kondisi psikologis para pengungsi sehingga mereka pun dapat dengan tepat merespon dan memberi dukungannya. Reaksi marah, sedih, bingung, cemas, atau bahkan menyesali kondisi yang ada akan bisa sekali ditemui saat kita berinteraksi dengan para pengungsi tersebut. Tapi itulah reaksi normal dalam situasi tidak normal yang perlu dipahami.

“Para relawan yang terjun hendaknya sudi menjadi pendengar yang baik dan memahami respon perasaan tersebut. Selain itu jagalah diri Anda saat menjadi relawan dan jangan berpikir bahwa Anda harusnya bisa membantu semua mereka karena relawan juga manusia biasa yang punya keterbatasan,” ungkap Tia Rahmania, M.Psi. selaku Ketua Asosiasi Psikologi Sekolah Indonesia (APSI) Wilayah Banten.

YPI Masyariqul Anwar Bersama FORSAMMA, Bantu Korban Banjir Banten dengan Trauma Healing
OSIS YPI Masyariqul Anwar

“Ini bukan hanya kesedihan saudara kita yg di Kabupaten Lebak saja, tapi ini menjadi kesedihan kita semua. Mari Bergerak!,” ungkap Syarifaeni Fahdiah sebagai Ketua Umum FORSAMMA.

Musibah yang terjadi dan pemberian trauma healing pun sangat perlu untuk dipahamkan kepada volunteer karena itu adalah modal ketika terjun kelapangan.

Selain Bantuan Psikologis, bantuan yang disalurkan dalam berbagai bentuk logistik juga diantaranya terdiri dari Atk, pakaian layak, sembako dan obat-obatan yang dikumpulkan oleh OSIS MTS & MA beserta Pengurus FORSAMMA.

YPI Masyariqul Anwar Bersama FORSAMMA, Bantu Korban Banjir Banten dengan Trauma Healing
Bantuan Sosial OSIS YPI Masyariqul Anwar dan FORSAMMA

“Harapan serta ucapan terimakasih pun sangat banyak diucapkan oleh seluruh pihak di Yayasan Pendidikan Masyariqul Anwar terhadap konstribusi terhadap kegiatan ini,” ucap Pak Said Pembina OSIS MA Masyariqul Anwar dalam memberikan ucapan terimakasihnya

“Semoga kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran atas musibah ini. menjaga alam dan lingkungan agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Aaamiin,” harapan Bu Aaf Afiah selaku Kepala MTs MMA Caringin. Berita Pandeglang, red

- Advertisement -

Berita Terkini