E-Samsat dan Samsat Masuk Kampung Diresmikan, Ini Keunggulannya

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Berita Medan – SUMUT. Aplikasi e-Samsat dan Samsat Masuk Kampung resmi diluncurkan malam tadi saat Pesta Rakyat Hari jadi Sumut Ke-69 di Lapangan Merdeka Medan, Senin (24/4). Aplikasi ini semakin memudahkan masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor.

“Nantinya cukup melalui ATM Bank Sumut, SMS dan lewat HP android saja,” kata Gubsu Erry.

Ini merupakan inovasi untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kenderaan bermotor. Jadi tidak perlu lagi ke kantor Samsat cukup lewat HP android saja.

“Ini satu parameter lagi bahwa Sumut semakin Paten,” tandas Erry.

Sementara itu Wakapoldasu Brigjen Pol Agus Andrianto juga mengapresiasi atas peluncuran e-Samsat PATEN dan Samsat Masuk Kampung.

“Dengan adanya layanan ini diharapkan dapat memberikan alternatif serta kenyamanan kepada masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor,”ujarnya.

Sebelumnya Dirlantas Poldasu Dirlantas Poldasu Kombes Pol Raden Heru Prakoso menjelaskan selain peluncuran e-Samsat Paten turut diluncurkan Samsat Masuk Kampung. Adapun tujuan diluncurkannya e-Samsat Paten sejalan dengan tuntutan terhadap pelayanan yang mudah, cepat akurat, akuntabel dan informatif terhadap pembayaran pajak dan sumbangan wajib kecelakaan lalulintas. Sedangkan Samsat Masuk Kampung merupakan inovasi “jemput bola” yang selama ini tidak terjangkau kantor Samsat induk dan Samsat Keliling.

“Untuk Samsat Masuk Kampung nanti akan dua orang petugas salah satunya petugas kepolisian. Mereka akan turun ke lokasi yang mudah dijangkau masyarakat seperti kantor camat, kantor lurah, balai pertemuan warga atau di pajak pekan. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak,”pungkasnya.

Aplikasi ini antara lain tentang info pajak kendaraan bermotor wajib pajak mengirimkan SMS untuk mendapatkan info pajak dengan format ketikan sebagai berikut : PAJAK(spasi) NO.POLISI (spasi) WARNA TNKB, KIRIM KE: 3699, jika status valid, wajib pajak akan mendapatkan balasan SMS info pajak dari eSAMSATPATEN: Contoh: BK3456ABC/KUNIG/KEN1/MP 14/02/17 PKB RP.15.000.000 JR RP.150.000 ADM STNK RP. 100.000 JLH RP.15.250.000.

Sedangkan Proses Pembayaran : wajib pajak mengirimkan sms untuk mendapatkan kode bayar dengan format ketikan sebagai berikut : BAYAR (spasi) NO.RANGKA (spasi) NO.KTP/NIK: KIRIM KE: 3699 : jika status valid, wajib pajak akan mendapatkan balasan sms kode bayar dari eSAMSATPATEN : Contoh : BK3456ABC/KUNIG/KEN1/MP 14/02/17 PKB RP.15.000.000 JR RP.150.000 ADM STNK RP. 100.000 JLH RP.15.250.000 KODE BAYAR 020001407261216. Dalam waktu 1x 24 Jam, apabila WP tidak melakukan pembayaran, maka kode bayar akan batal. Berita Medan, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini