YKI Batu Bara Terima Penghargaan YKI Terbaik se-Sumut

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, MEDAN – Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Baru Bara Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir menerima penghargaan YKI terbaik di Sumatera Utara. Penghargaan diberikan oleh Ketua YKI Sumatera Utara Nawal Lubis pada rapat koordinasi (Rakor) YKI se-Sumut yang digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubsu, Jalan Jenderal Sudirman No. 41, Medan, Jumat (21/07/2023).

Selain YKI Kabupaten Batu Bara sebagai terbaik I, disusul YKI Kota Gunungsitoli sebagai terbaik II dan YKI Kota Pematangsiantar sebagai terbaik III. Sedangkan untuk harapan I diperoleh YKI Kabupaten Mandailing Natal (Madina), harapan II YKI Kabupaten Toba dan harapan III YKI Kabupaten Deli Serdang.

Rakor YKI se-Sumut sendiri digelar guna menyelaraskan program penanggulangan kanker di Sumatera Utara, terutama dalam upaya meningkatkan kepedulian masyarakat dalam penanggulangan kanker melalui penyedian layanan promotif, preventif dan supportif.

Ketua YKI Sumut Nawal Lubis menjelaskan, dalam meningkatkan kesadaran masyarakat agar hidup sehat dan terbebas dari kanker, YKI Sumut telah melaksanakan berbagai kegiatan, di antaranya dengan menyiapkan contact center atau pusat kontak melalui nomor telepon 082161911872 yang siap dihubungi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi seputar kanker.

YKI Batu Bara Terima Penghargaan YKI Terbaik se-Sumut

Selanjutnya Nawal Lubis mengatakan juga tersedia ambulans keliling penyuluhan kanker dan rumah singgah yang diperuntukan bagi pasien kanker yang menjalani pengobatan, yang berasal dari kabupaten/kota se-Sumut.

“Kita selaraskan program kita, bagaimana memberikan advokasi, informasi dan edukasi, pelayanan serta meningkatkan kualitas hidup penderita kanker,” ujar Nawal Lubis.

“Jadi pada Rakor ini kita ingin keseragaman, apa yang ada di YKI Sumut bisa diteruskan YKI kabupaten/kota. Kita kan tahu bersama jarak antara abupaten/kota di Sumut cukup jauh, jadi kami harap koordinasi antar-YKI bisa berjalan, sehingga kita tahu berapa jumlah kasus kanker dan bagaimana penanganan di daerah masing-masing,” lanjut Nawal.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan mendukung program penanggulangan kanker melalui penyedian layanan promotif, preventif dan supportif, karena jika sudah ada promosi diharapkan berkurangnya kasus kanker di Sumut. (Ak)

- Advertisement -

Berita Terkini