Kampung Galo Galo.Id Hadir Dikawasan Batu Busuk Kota Padang

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, PADANG – Kampung Galo Galo.Id merupakan gerakan yang di inisiasi oleh Rahmat Hidayat N, salah satu penerima manfaat Beasiswa Aktivitis Nusantara (baktinusa) dibawah naungan LPI DD region Padang yang berfokus pada permasalahan ekonomi masyarakat. Dayat yang juga salah seorang wali amanat dari kampus ternama di Sumatera yakni Universitas Andalas.

Dayat sapaan akrabnya, mengungkapkan kampung galo galo hadir dengan gerakan pemberdayaan dan pembudidayaan lebah galo-galo/trigona. Hadirnya Kampung Galo Galo ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat dalam edukasi tentang ilmu pembudidayaan galo-galo yang harapannya kedepan program ini bisa melahirkan umkm-umkm baru ditengah masyarakat guna menopang perekonomian masyarakat.

“Ini merupakan langkah bagi Kampung Galo Galo.Id mencapai visi “One Family One Koloni” dengan melalui langkah 4P yaitu pemberdayaan, pembudidayaan, pengolahan dan pemasaran,” ujarnya dalam keterangan yang diterima media ini, Selasa (02/08/2022).

Adapun, kata Dayat, 31 Juli 2022 yang lalu telah terlaksana kegiatan monitoring dan evaluasi hari kedua dengan kegiatan visit leadership projects penerima manfaat oleh team pusat Beasiswa Aktivis Nusantara (Baktinusa) yang dihadiri langsung oleh General Pendidikan, Budaya dan Lingkungan Dompet Dhuafa Ustadz Herman Budianto, Manajer Program Baktinusa mas Bayu Candrawinata, team monev bagian operasional Dompet Dhuafa mas Aang Huyana, manajer wilayah regional Padang bapak Dr. Aadrean, M.Si.

“Kegiatan visit leadpro mencakup pembahasan prospek Kampung Galo Galo. Id kedepan,” ujarnya.

Kampung Galo Galo.Id Hadir Dikawasan Batu Busuk Kota Padang
kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan visit leadership projects penerima manfaat oleh team pusat Beasiswa Aktivis Nusantara (Baktinusa) yaitu Kampung Galo Galo. Id beberapa waktu yang lalu. (Ist)

Manajer program baktinusa, Bayu Candrawinata mengatakan kampung galo galo.id memiliki profit yang jelas kedepannya.

“Maka dari itu harus segera bangun dan manfaatkan jejaring yang saat ini dimiliki oleh kawan-kawan penerima manfaat baktinusa, semisalnya seperti Dompet Dhuafa cabang yang ada di Sumatera Barat Dompet Dhuafa Singgalang,” katanya.

Senada, team monev bagian operasional Dompet Dhuafa, Abang Huyana mengatakan kampung galo galo harus mampu mencoba bangun kedekatan dengan pemerintah setempat, apalagi kampung galo galo ini.

“Saya yakin uda Wagub Audy punya ketertarikan sendiri terkait gerakan program ini, apalagi sang inisiatornya anak muda,” katanya.

Dr. Aadrean, M.Si selaku manajer wilayah regional Padang mengatakan selalu siap untuk mensupport dan membantu memfasilitasi kampung galo galo.id untuk berkiprah lebih luas kedepannya.

“Selain dari team pusat dan juga manajer wilayah, yang ikut serta dalam suksesnya kegiatan visit leadpro kali ini tak terlepas dari support dan keikutsertaan adik-adik asuh dari Baktinusa itu sendiri yakni nya YouLead Padang, ikut serta juga hadir Founder Sekolah Singgah Nagari dan Founder Andalascare.id dibalik kesuksesan yang dicapai,” ujarnya.

Perlu diketahui, saat ini Kampung Galo Galo.Id sudah memiliki mitra seperti LPPM Universitas Andalas, dan akan mencoba membangun jejaring mitra kerja sama bersama kelompok masyarakat salah satunya adalah Hutan Kemasyarakatan (HKM) dan juga BEM KM Fakultas Peternakan Universitas Andalas. (Zaki)

- Advertisement -

Berita Terkini