Kepala BNN Ciamis : Narkoba Masuk ke Semua Lingkungan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ciamis – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melaksanakan kegiatan Intervensi Ketahanan Keluarga Berbasis Sumberdaya Pembangunan Desa.

Kegiatan tersebut berlangsung di Villa Cigintung View, tepatnya di Jalan Cigintung, Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis, (12/8/2021).

Sebanyak 15 orang peserta hadir dalam kegiatan tersebut, yang terdiri dari Unsur Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, Tokoh Masyarakat, dan Perangkat Desa Kawalimukti.

“Instansi Pemerintah, termasuk Pemerintah Desa, didalamnya harus mampu memberikan kontribusi terhadap upaya P4GN, serta mendorong seluruh lapisan warga masyarakat untuk ikut mencegah, memberantas penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba,” ungkap Engkos, selaku Kepala BNNK Ciamis.

“Narkoba masuk ke semua lingkungan, baik Pemerintah, Swasta, bahkan sampai lingkungan warga masyarakat yang ada di Pedesaan,” terangnya.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, sangat dibutuhkan sinergitas, dan kerjasama, dari seluruh komponen masyarakat,” ucapnya.

Engkos, mengharapkan adanya dukungan dari Pemerintah Daerah, hingga Desa, agar dapat terciptanya sinkronisasi, dan sinergitas, dalam menyusun kegiatan dengan BNN, khususnya di Bidang Pemberdayaan Masyarakat, agar terciptanya Lingkungan Desa, yang Bersih Narkoba (Bersinar).

“Untuk penanggulangan masalah narkoba, diperlukan upaya yang terpadu, dan komprehensif, meliputi upaya pencegahan, untuk menumbuhkan daya tangkal, pemberantasan, serta untuk memutus mata rantai peredaran gelap narkoba, dan rehabilitasi, untuk memulihkan mereka yang sudah terpapar penyalahgunaan narkoba,” kata Engkos.

“Juga tidak kalah pentingnya peran keluarga, dalam upaya Pencegahan penyalahgunaan narkoba,” ungkap Engkos.

“Keluarga merupakan sekup kecil di lingkungan masyarakat yang dapat memberikan daya tangkal terhadap penyalahgunaan narkoba bagi anggota keluarga, khususnya anak-anak,” ucap Engkos.

“Jadi seluruh komponen masyarakat ikut berperan aktif dalam upaya menanggulangi masalah narkoba, sinergikan kekuatan di Desa, untuk melawan narkoba itu yang diperlukan saat ini,” ujar Engkos.

“Mudah-mudahan dengan adanya dukungan yang kuat dari seluruh komponen, akan memberikan kekuatan dalam menanggulangi masalah narkoba,” pungkas Engkos.

Terpisah, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Ciamis, Drs. Wawan Ruhiyat, M.M, menjelaskan bahwa ada 8 (delapan) Fungsi keluarga sebagai dasar keluarga dalam melindungi dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya pencegahan dini, salah satu bentuk upaya untuk pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba,” ucap Wawan.

Wawan, berharap peredaran, dan penyalahgunaan narkoba khususnya di Desa Kawalimukti, akan tertangani dengan adanya sinergitas yang kuat dari semua pihak termasuk Desa di dalamnya. (BQ)

- Advertisement -

Berita Terkini