Pemko Medan Ajukan Ranperda Tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum kepada DPRD Medan dalam Paripurna di Gedung DPRD Medan, Senin (12/6).

Tujuan Perda ini sebagai pedoman bagi pemerintah daerah dalam mengawasi, mencegah dan menindak setiap kegiatan yang mengganggu ketentraman dan ketertiban umum dalam masyarakat. Sidang Paripurna ini Dipimpin Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung didampingi Pimpinan DPRD lainnya, Anggota DPRD Medan, Pimpinan SKPD Pemko Medan dan Camat se-Kota Medan.

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si menjelaskan, dengan adanya Ranperda tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum ini akan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menciptakan, menjaga dan memelihara ketentraman dan ketertiban umum dalam masyarakat.

Dijelaskan Eldin, Ketertiban umum yang akan diatur dalam Ranperda Ketentraman dan Ketertiban Umum tersebut di antaranya tertib jalan, lalulintas dan angkutan jalan, tertib jalur hijau, taman dan tempat umum, tertib sungai, saluran, kolam dan danau, tertib bangunan, tertib pemilik dan penghuni bangunan, tertib usaha pariwisata dan hiburan, tertib usaha tertentu, tertib kesehatan, tertib kependudukan dan tertib sosial.

“Kami berharap, kiranya Ranperda Ketentraman dan Ketertiban Umum yang kami ajukan ini bisa dibahas sesegera mungkin oleh anggota dewan dan memberikan persetujuan dalam waktu yang tidak lama agar bisa ditetapkan menjadi Perda,” kata Walikota.

Menurut Mantan Wakil Walikota dan Sekda Kota Medan ini, Perda yang bertujuan menjaga ketentraman dan ketertiban umum merupakan peraturan yang menjadi dasar hukum bagi Pemda dalam menyelenggarakan urusan-urusan wajibnya.

Dengan demikian, diharapkan Perda ini nantinya berisi ketentuan yang menjadi dasar Kewenangan Pemko Medan dalam menjalankan tugas menyelenggarakan ketertiban umum demi mewujudkan ketentraman seluruh warga Kota Medan. Berita Medan, khairul

- Advertisement -

Berita Terkini