Panwascam Percut Sei Tuan Lakukan Sosialisasi Pelanggaran Pemilu saat Acara MD KAHMI

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Deli Serdang – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Percut Sei Tuan melakukan Sosialisasi pencegahan pelanggaran pemilu di acara jalan sehat Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) Deli Serdang di Sekretariat MD KAHMI Deli Serdang, Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Minggu (22/1/2023).

Komisioner Panwascam Percut Sei Tuan, M. Taufiq Hidayah Tanjung mengatakan pada prinsipnya sosialisasi ini merupakan upaya mencegah terjadinya pelanggaran selama tahapan Pemilu.

“Ini bagian dari upaya-upaya pencegahan untuk membumikan Pemilu 2024,” kata Kordiv PP dan PS Panwascam Percut Sei Tuan.

Taufiq mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar MD KAHMI Deli Serdang yang telah memberikan waktu dan kesempatan untuk melakukan sosialisasi di tengah kegiatan jalan sehat dan donor darah MD KAHMI Deli Serdang.

“Kami sebagai Penyelenggara pemilu khususnya pengawas pemilu memiliki kewajiban melakukan upaya edukasi demi menghindari terjadinya pelanggaran pemilu, maka dari itu saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar MD KAHMI yang telah memberikan ruang bagi Panwascam Percut Sei Tuan untuk melakukan sosialisasi hari ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Taufiq mengatakan Bawaslu khususnya Panwascam Percut Sei Tuan sangat berharap partisipasi masyarakat untuk turut merubah perilaku dan pemahaman dari tidak paham, setengah paham untuk menjadi paham. “Proses ini akan berjalan dan memakan waktu cukup lama,” ujar Taufiq.

Selain itu, kata Taufiq, juga meminta dukungan dari masyarakat untuk lebih aktif dalam melakukan kegiatan pengawasan pemilu, Taufiq berharap sosialisasi inj juga menjadi ruang untuk sharing pengetahuan tentang penyelenggaraan pemilu khususnya pengawasan pemilu. Sehingga dinamika menuju konflik bisa terhindarkan.

“Kita sama sama paham bapak ibu wilayah Percut Sei tuan merupakan wilayah kecamatan yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi nomor dua secara nasional, tentu dengan kepadatan yang cukup tinggi memiliki dinamika yang cukup tinggi pula, maka dari itu harapan saya dengan keterlibatan bapak ibu ditambah lagi sekretariat MD KAHMI Deli Serdang ada di wilayah kecamatan Percut Sei Tuan tentu dapat mendukung Panwascam Percut Sei tuan untuk mensukseskan pemilu 2024 di wilayah Percut Sei Tuan bukan seperti yang terjadi dalam pemilu belakangan ini menjadi sorotan karena hal-hal yang tidak baik,” ujarnya.

Panwascam Percut Sei Tuan
Panwascam Percut Sei Tuan dan MD KAHMI Deli Serdang (Foto: Istimewa)

Taufiq, menambahkan Panwascam Percut Sei Tuan dalam bekerja mengutamakan pencegahan. Jika edukasi masyarakat dan peserta pemilu melalui pencegahan sudah dilakukan dan tetap juga ada pelanggaran maka penegakkan hukum pemilu sebagai mahkotanya Bawaslu harus diterapkan.

Taufiq juga menyampaikan, saat ini sedang proses pembentukan penyelenggara Adhock di tingkat kelurahan/Desa mulai dari PPS dan PKD Taufiq mengajak masyarakat aktif memberikan informasi terkait track record calon calon yang diumumkan sebelum dinyatakan lulus.

Ketua MD KAHMI Deliserdang, Mansyur Hidayat Pasaribu menyambut baik sosialisasi yang dilakukan oleh Panwascam Percut Sei Tuan, Apa yang disampaikan oleh Adinda Taufiq selaku Komisioner Panwascam Percut Sei Tuan Sangat bermanfaat dan begitu positif bagi masyarakat terkhusus keluarga besar KAHMI Deli Serdang.

“Dan kami tegaskan MD KAHMI Deli Serdang siap dan mendukung Pemilu 2024 dengan aman damai tanpa Politik Identitas dan Money Politik,” pungkasnya.

Untuk diketahui kegiatan itu juga dihadiri Sekretaris MW Kahmi Sumatera Utara, H Dadang Darmawan, Perwakilan Pemkab Deli Serdang di akhir sosialisasi dilakukan penyerahan buku dari Komisioner Percut Sei tuan kepada MD KAHMI Deli Serdang. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini