Rekrutmen Panwascam Penuh Kejanggalan, BADKO HMI Sumut Angkat Bicara

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Padang Lawas – Rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan baru saja digelar secara serentak di seluruh Indonesia khususnya di Kabupaten Padang Lawas.

Namun dalam rekrutmen Panwaslu Kecamatan tersebut sangat banyak kejanggalan yang terjadi seperti saat melakukan ujian CAT, banyak peserta yang menyaksikan bahwa oknum – oknum Komisioner Bawaslu Padang Lawas dan para Staff melakukan Nepotisme saat berlangsungnya ujian tersebut sehingga menimbulkan protes dari beberapa peserta.

Hal ini diungkapkan oleh Parulian Hanafi Siregar selaku Bendahara Umum Badan Koordinasi (BADKO) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara (Sumut) kepada mudanews.com, Rabu (26/10).

“Nampaknya para peserta yang diajari diduga merupakan titipan dari oknum – oknum tertentu dan tidak menutup kemungkinan merupakan oknum partai politik,” bebernya.

Putra daerah Kabupaten Padang Lawas itu pun menyesalkan kejadian – kejadian tersebut. “Menurut informasi yang kita dapatkan saat pelaksanaan ujian wawancara juga ada berapa kejanggalan mulai dari tidak on timenya waktu pelaksanaan wawancara, pemanggilan peserta yang tidak secara berurutan seolah sudah dikonsep sejak awal, lalu banyak info yang beredar dan juga dibuktikan dengan berbagai barang bukti adanya kecurangan dalam tes wawancara tersebut,” ungkap Parulian.

“Diduga ada oknum – oknum yang meminta uang kepada peserta yang sudah lulus ujian CAT agar dimenangkan diwawancara karena dibeberapa kecamatan peringkat 1, 2, 3 dalam ujian CAT justru tidak lolos dalam wawancara dan juga rekrutmen ini tidak begitu memperhatikan keterwakilan perempuan karena ada beberapa perempuan yang lulus CAT dan ada di peringkat tiga namun bisa digeser oleh peringkat terbawah dugaan kecurangan dan permainan uang sudah sangat tercium dalam rekrutmen ini,” tegas Parulian.

Bendum BADKO HMI Sumut ini pun meminta agar Bawaslu Padang Lawas tidak melanjutkan tahapan ke tahap selanjutnya yaitu pelantikan.

“Jika memang Bawaslu Padang Lawas melanjutkan tahapan in,i maka akan terjadi gelombang besar di tubuh Bawaslu Kabupaten Padang Lawas, kita akan melaksanakan aksi besar-besaran,” ucapnya.

“Jika ini terbukti nantinya, kita akan menuntut agar Ketua Bawaslu Padang Lawas saudara Rahmat Efendi Siregar beserta kroni – kroninya agar dicopot dan dipenjarakan,” tegas Bendum BADKO HMI Sumut. (MN)

- Advertisement -

Berita Terkini