ICMI Kota Medan, Gelar Dialog Publik Pergerakan Reformasi dan Menumpas Radikalisme
Narasumber dan Modelator

MUDANEWS.COM, Medan – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Medan, menggelar kegiatan dialog publik Pergerakan Reformasi, Bersama Menangkal dan Memberantas Gerakan Radikalisme, bertempat di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara, Rabu (09/10/2019).

Randi Amini, S. Ag, SS, selaku Ketua Harian ICMI Kota Medan, dalam keterangan kepada awak media menyebutkan bahwa, kegiatan ini menghadirkan Kapoldasu Irjen Pol Drs Agus Andrianto, SH, MH yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Kasubdit I Politik Dit Intelkam Poldasu H Ibrahim Allagan, SH.

Ketua Harian ICMI Kota Medan itu juga menyebutkan, beberapa narasumber lainnya, yakni H Amran Hidayat Saragih, MA (Dewan Fatwa MUI DKI Jakarta) dan Taufik Umar Dani Harahap, SH (Aktifis 98) dan Maulana Maududi sebagai Moderator.

“Melalui kajian ataupun dialog publik ini diharapkan menjadi sentral kekuatan membangun kekuatan integral tanpa memaksakan kehendak apalagi berbentuk kekerasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Randi Amini.

Sementara dari kegiatan dialog publik itu, Taufik Umar Dani Harahap salah seorang narasumber dalam kesempatanya dialog itu secara garis besar menyebutkan bahwa yang menjadi awal penyebab bergulirnya gerakan reformasi adalah macetnya aluran politik dan tidak ada konsep negara yang jelas. Dan hal itu menjadi sumbatan politik yang menjadi problem dan menghasilkan reformasi.

Taufik Umar Dani Harahap, SH juga menjelaskan, yang menjadi tujuan utama tuntutan reformasi adalah amandemen UUD 45, menegakkan hak-hak sipil, cabut dwi fungsi ABRI, menegakkan HAM, pemberantasan KKN, otonomi daerah, kebebasan pers dan berkehidupan negara yang demokratis. Berita Medan, red