Dukung Literasi Anak-Anak, Mahasiswa KKNT UISU Berkolaborasi Dengan Rumah Intuisi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, LANGKAT – Dalam rangka usaha mewujudkan generasi-generasi muda yang cerdas dan gemilang, serta menanamkan nilai-nilai moral, ilmu pengetahuan dan kebudayaan bagi anak-anak, sejumlah mahasiswa dari Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Tahun 2023 berkolaborasi dengan Rumah Intiusi Komunitas Literasi Peradaban menggelar kegiatan literasi untuk anak-anak di Desa Pematang Serai, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Minggu (06/08/2023).

Kegiatan tersebut disambut antusias dan penuh gembira oleh puluhan anak-anak desa Pematang Serai yang datang menjadi peserta. Pada kegiatan itu anak-anak mengikuti empat kegiatan literasi yang dapat menambah kecerdasan dan penanaman nilai-nilai serta kemampuan dasar yang sangat dibutuhkan, yaitu kegiatan pojok baca, mendongeng, mewarnai gambar, dan bermain games.

Mereka (anak-anak) tampak begitu semangat untuk membuka buku-buku yang diletakkan dipojokan tempat kegiatan. Mereka mulai membaca bagi anak-anak yang sudah bisa membaca, sedangkan bagi yang belum bisa membaca, tampak beberapa mahasiswa KKNT membacakan atau menceritakan apa di dalam isi buku tersebut.

Para peserta bertambah semangat saat mendengarkan dogeng yang dibawakan oleh Kak Aprita bersama boneka teman mendongeng bernama Alang Atan. Setelah mendengarkan dogeng yang mengajarkan nilai-nilai moral, anak-anak juga melaksanakan mewarnai gambar yang telah disediakan oleh pelaksana, kemudaian kegiatan terakhir yaitu bermain games. Dari raut wajah anak-anak tersebut, terlihat wajah-wajah polos, bersih, dan penuh dengan harapan yang cerdas untuk Indonesia, terkhususnya generasi-generasi muda langkat.

Ketua Program Rumah Intuisi Kak Rahmat Hidayat menjelaskan bahwa, kegiatan tersebut sangat penting dan harus terus dibudayakan, terkhususnya bagi anak-anak SD supaya mengenal literasi dengan baik, serta mengikis nilai-nilai negatif yang ditimbulkan dari bermain handphone.

“Diperdalam lah aliterasi, agar anak-anak bangsa akita mencintai literasi,” pungkasnya.

Semakna dengan pendapat Kak Rahmat, Muhammad Syahdan Pasaribu selaku Ketua Kelompok 2 KKNT FISIPOL UISU mengungkapkan dalam keterangan tertulisnya, “budaya literasi sangat bermanfaat utuk memperluas wawasan dan kreativitas setiap orang. Dengan meningkatkan budaya literasi generasi muda bangs akita akan maju.”

Selanjutnya, Ketua Kelompok 5 KKNT FH UISU Irsyad Hamdi Harahap menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar anak-anak dan karakter cinta pada ilmu pengetahuan.

“Harus benar-benar kita sadari, bahwa literasi adalah kebutuhan setiap manusia, terkhususnya anak-anak. Pembudayaan literasi yang ditanamkan sejak kecil, akan membiasakan anak-anak unutk mencintai ilmu pengetahuan. Budaya literasi bagi anak-anak akan menumbuhkan kemampuan dasar bagi anak-anak dalam menangkap segala informasi yang datang,” ucapnya.

Mahasiswa FH UISU itu juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari program KKNT mereka dalam rangka merealisasikan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu dalam bentuk Pendidikan dan pengabdian Masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Seluruh Perang Desa dan warga Desa Pematang Serai yang telah menyambut baik kegiatan kami ini. Terima kasih juga kepada adik-adik yang telah hadir, terima kasih kepada ibu-ibu yang setia menunggu dan menemani anak-anaknya. Serta terima kasih juga kepada Rumah Intuisi yang telah bersedia berkolaborasi bersama kami mahasiswa UISU dalam rangka menjalankan kegiatan yang mulia ini. Semoga kita mendapatkan berkah dan melahirkan generasi-generasi muda Indonesia yang cerdas dan bermoral, terkhususnya generasi muda Kabupaten Langkat dari Desa Pematang Serai, Kecamatan Tanjung Pura,” pungkasnya dalam kata sambutannya. (IA).

- Advertisement -

Berita Terkini