Upaya Mewujudkan Generasi Muda Islam Berkualitas, Mahasiswa KKNT UISU dan PRIB Laksanakan Pelatihan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, LANGKAT – Dalam rangka upaya mewujudkan generasi muda Islam yang berkualitas, sejumlah mahasiswa Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) yang sedangkan melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Desa Pematang Serai, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, melaksanakan kegiatan pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan, Minggu (14/08/2023).

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang bersifat kolaborasi dengan remaja-remaja Islam Desa Pematang Serai yang tergabung dalam Pergerakan Remaja Islam Bersatu (PRIB). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Pematang Serai tersebut mengangkat tema: Pelatihan Pemuda/Remaja Desa Pematang Serai yang Kreatif, Cerdas, Inovatif, Sadar Hukum dan Berjiwa Enterpreneurship. Kemudain yang menjadi peserta pelatihan tersebut adalah remaja-remaja Islam yang ada di Desa Pematang Serai.

Pelatihan peningkatan kualitas generasi muda tersebut langsung dibuka oleh Kepala Desa Pematang Serai Sugimin. Orang nomor satu di Desa Pematang Serai itu menyambut baik kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN T UISU berkolaborasi dengan PRIB.

“Kami ucapkan terima kasih kepada mahasiswa UISU yang melaksanakan kegiatan ini, semoga informasi-informasi, pengetahuan-pengetahuan yang dibagikan dalam kegiatan ini bermanfaat bagi remaja-remaja masjid, remaja-remaja Islam yang ada di Pematang Serai ini,” ucap kepala desa yang hobi sepak bola itu dalam sambutannya.

Dia juga mengajak seluruh peserta pelatihan agar secara bersama-sama dan serius untuk mendengarkan arahan ataupun bimbingan yang disampaikan, yang mana apa-apa yang disampaikan dalam kegiatan tersebut menjadi ilmu yang bermanfaat bagi peserta dan juga untuk orang lain.

“Ilmu pengetahuan jangan untuk diri kia sendiri, ilmu juga harus dibagikan, disebarkan jangan hanya untuk diri sendiri. Kalau ilmu hanya untuk diri sendiri, nanti ketika kita meninggal, ilmu itu jadi putus, jadi harus diajarkan atau diberikan juga kepada orang lain,” pungkasnya sebelum beberapa saat mengetuk meja tiga kali tanda membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut juga disambut baik oleh Ketua Umum PRIB Primatia Dana atau yang akarab disapa Dana. Dalam sambutannya ia mengatakan, “Ini kegiatan yang sangat baik untuk remaja-remaja Islam di Desa Pematang Serai. Kami berterima kasih kepada bapak kepala desa yang telah mendukung kegiata ini, dan juga kepada teman-teman dari mahasiswa KKNT UISU, baik dari mahasiswa Kelompok dua FISIPOL UISU dan Kelompok 5 FH UISU,” ucapnya dalam sambutan acara pembukaan.

Mahasiswa yang saat ini berkualiah disalah satu kampus Langsa-Aceh itu berharap dari kegiatan tersebut akan menambah pengetahuan dan kesadaran berorganisasi walaupun dalam skop yang kecil. Ia juga menyebutkan bahwa semoga dari kegiatan tersebut melahirkan generasi-generasi mua yang berkualitas.

Senada dengan apa yang disampaikan Dana, Ketua Kelompok 2 FISIPOL KKNT UISU Mhd. Syahdan Pasaribu atau yang sering dipanggail Syahdan menyebutkan dalam sambutannya, “Kegiatan ini merupakan program dari kami yang sedang melaksanakan KKNT di Desa Pematang Serai. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh kampus kami, UISU, yang berkolaborasi dengan teman-teman PRIB.”

Mahasiswa FISIPOL UISU itu juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Pematang Serai yang selalu mendukung kegiatan-kegiatan mahasiswa KKNT di Desa Pematang Serai, serta mengucapkan terima kasih kepada pengurus PRIB karena telah besedia berkolaborasi dalam melahirkan generasi-generasi emas Indonesia.

“Ini adalah sebuah usaha atau pun upaya kita untuk terus semangat dalam melahirkan generasi-generasi muda emas menuju 2045, atau seratus tahun negara kita Indonesia,” pungkasnya.

Dalam kegiatan yang dilaksankan satu hari penuh itu, Irsyad Hamdi Harahap selaku Ketua Kelompok 5 Fakultas Hukum KKNT UISU sekaligus Koordinator kegiatan dalam laporannya menyebutkan bahwa, dalam kegiatan tersebut peserta akan mendapatkan materi ilmu pengetahuan yang bermanfaat yang akan disampaikan oleh narasumber-narasumber yang mumpuni.

“Teman-teman peserta pelatihan ini akan mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan baru yang dapat meningkatkan kesadaran dan semangat kita sebagai generasi muda Islam. Materi-materi diskusi disampaikan langsung oleh Sekretaris Desa Pak Bambang, kemudian narasumbernya dari Dosen UISU, hadirnya pengusaha sukses tim Keripik Cinta Mas Hendro untuk menyampaikan terkait kewirausahaan, dan sangat luar biasa, Pak Camat Tanjung Pura hadir bersama kita di sini untuk menyampaikan materi, arahan dan motivasi kepada kita semua,” ucapnya.

Mahasiswa FH UISU itu juga menjelaskan bahwa, kegiatan tersebut bagian dari kegiatan prioritas Mahasiswa KKNT UISU yang secara langsung dapat dirasakan oleh masyarakat Desa Pematang Serai secara umum, terkhusunya bagi remaja-remaja Islam di Desa Pematang Serai. (IA)

- Advertisement -

Berita Terkini