Program Pandu Digital, Relawan TIK Sumut Gelar Roadshow Seminar Literasi Digital di UPMI Medan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, MEDAN – Setelah penyelenggaraan Kick Off Pembentukan Pandu Digital pada Senin, 24 Juli 2024 di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, maka sebagai tindak lanjutnya dilakukan Road Show Literasi Digital.

Roadshow Literasi Digital sektor Pendidikan dilakukan dalam bentuk sminar, untuk pelaksanaan pada 27 Juli 2023 berlangsung di aula Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI) Medan di kampus III Acara berlangsung secara meriah dan menarik.

Seminar kali ini diawali dari sambutan Tim Tari si Cantik Manis untuk menyambut rombongan Kementerian Kominfo, peserta seminar dan narasumber serta RTIK Sumut sebagai panitia pelaksana, dilanjutkan sambutan dari Pengurus Wilayah Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Provinsi Sumatera Utara (RTIK Sumut), Anwar yang mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Terimakasih kepada Rektor UPMI yang telah bersedia menyediakan aula kampus untuk kegiatan seminar Literasi Digital serta memotivasi para mahasiswa untuk turut hadir dalam acara serta para narasumber, kegiatan ini untuk meningkatkan indeks literasi digital provinsi Sumatera Utara di tahun 2023,” sebutnya.

Selanjutnya sambutan mewakili Tim Pandu Digital Kemenkominfo yang diwakili oleh Dina Aprina yang juga menyampaikan ungkapan terimakasih atas suksesnya acara tersebut.

“Kami sangat antusias melihat penyambutan dari pihak UPMI ditambah lagi ada niatan kerja sama yang diajukan oleh pihak Rektorat UPMI dalam bentuk penandatanganan MOU yang akan kami sampaikan kepada pihak Direktur Pemberdayaan Informatika, ini menunjukkan bahwa bapak Rektor UPMI sangat serius dalam mendukung Gerakan Literasi Digital bahkan untuk mendapatkan program kerja sama lainnya dari Kementerian Kominfo semoga ini menjadi nilai tambah bagi Kampus UPMI dan memberikan skill baru kepada para mahasiswa”. Sebutbya.

Acara dibuka oleh Rektor UPMI, Dr. H. Ali Mukti Tanjung, SH.,MM dalam sambutannya beliau menyebutkan bahwa era 4.0 ini tantangan bangsa semakin besar dan tidak cukup hanya membekali mahasiswa sebtas informasi mata kuliah di ruangan nanmun diperlukan adanya pemberian skill digital.

“Generasi muda saat ini tidak cukup hanya dibekali informasi mata kuliah saja, namun juga skill digital wawasan kebangsaan dan etika, karena banyak terdapat perbedaan di negara kita namun ini harus dijadikan sebuah potensi positif dalam memajukan negara kita ini, dengan adanya program Pandu Digital dari Kementerian Kominfo ini yang ditandai dengan kemampuan 4 (empat) pilar yaitu Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture, tentu ini bisa menjadi wawasan baru bagi mahasiswa untuk bisa berbeda dari masyarakat lainnya,” jelasnya.

Seminar ini diinisiasi oleh Wakil Rektor 1 UPMI yaitu Dr. Budi Alamsyah Siregar, SE.,MM, dan menghadirkan peserta berjumlah 200 orang mahasiswa UPMI Medan, sejumlah dosen dan tenaga non akademik UPMI.

“Kami sangat senang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan seminar literasi digital kali ini karena kampus ini memang memiliki program pembinaan masyarakat di bidang digital” ujar Budi.

Acara dipandu oleh moderator yang sangat interaktif kepada mahasiswa yaitu tenaga Nur Alfi dari pengurus RTIK Sumut dan menghadirkan narasumber yang memiliki kompetensi pada bidangnya yaitu DR. Bambang Sugiharto dari tenaga pengajar UPMI, dan dari RTIK Sumut Dedi Pranata yang dikenal sebagai content creator di kota Medan serta Ahmad Afandi selain sebagai tenaga pengajar di perguruan tinggi swasta di kota Medan juga sebagai sekretaris RTIK Sumut, semua narasumber menyampaikan materi dengan menarik dan interaktif.

Acara ditutup oleh Ketua Umum RTIK Sumut dan membuat vlog untuk kampanye Literasi Digital bersama mahasiswa UPMI. (Fahmi)

- Advertisement -

Berita Terkini