Forum Guru Besar dan Doktor Insan Cita Gelar Dialog interaktif : Peran Penting Parpol dalam Pemilu 2024 dan Dampaknya

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, MEDAN – Forum Guru Besar dan Doktor Insan Cita menggelar dialog interaktif melalui zoom pada Minggu, 30 Juli 2023. Dialog tersebut mengambil tema “Peran Penting Parpol Dalam Pemilu 2024 dan Dampaknya” dengan narasumber Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik (LIPI) dan Peneliti Utama Politik BRIN, Prof. R. Siti Zuhro.

Prof. R. Siti Zuhro dalam materinya menyampaikan seharusnya Partai Politik lebih memantapkan dalam rekrutmen yang baik, agar kader parpol lebih berkualitas dan dapat menjaga nilai – nilai perjuangan untuk bangsa dan negara Republik Indonesia.

Menurutnya, dalam aspek internal, partai mampu memajukan partai tersebut, partai juga mampu menjaga independensi Ideologi partai, agar tidak mudah diintervensi dan kokoh dari akarnya.

“Sehingga partai tidak hanya sebagai alat transaksional kepentingan, partai juga mampu berkontribusi kepada masyarakat dan berdampak positif bagi partai tersebut,” tambahnya.

Lebih lanjut, dalam penelitian pihaknya, katanya partai politik masih lemah dalam menjaga pilar – pilar partai politik serta dinamika dan skema presidensial sehingga rakyat Indonesia belum bisa merasakan politik yang cerdas.

“Dalam pemilu ini partai politik harus tahu bahwa pemimpin itu dipilih rakyat dan untuk rakyat, bukan hanya kepentingan partai tapi juga kepentingan untuk rakyat, sehingga rakyat merasakan manfaat skema politik dari pemimpin yang diusung kan oleh parpol tersebut,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengajak untuk menjaga dan mengawal pemilu 2024 kedepannya.

“Dengan adanya dialog interaktif ini, maka mari bersama – sama dalam mengkawal dan menjaga nilai – nilai pemilu sehingga menciptakan keharmonisan bagi rakyat Indonesia, buruk dan baiknya pemilu tahun 2024 tergantung dari persiapan tahun ini,” pungkasnya.

Dialog interaktif tersebut dihadiri Alumni HMI, Pengurus KAHMI, dan Kader HMI dan diakhiri dengan doa bersama agar pemilu berjalan dengan baik dan lancar. (Ofdyan)

- Advertisement -

Berita Terkini