STAI Al-Ittihad Cianjur Diakreditasi, Wahyudin: Momentum Tingkatkan Kualitas SDM

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

 

Mudanews.com, Cianjur – Perguruan Tinggi memiliki kewajiban untuk mengetahui kompetensi dan mutu pendidikan, baik program studi maupun institusi.

Hal tersebut dibuktikan oleh Program Studi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ittihad Cianjur yang mendapatkan asesmen lapangan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) pada Kamis-Jumat (15-16/06/2023).

Asesmen lapangan tersebut dihadiri oleh Tim Asesor Dr. Hefrizal Handra, M.Soc., Sc (Universitas Andalas) dan Dr. Junaidi, S.E., M.Si (Universitas Jambi).

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua STAI Al-Ittihad, Dr. Wahyudin, M. Pd., Wakil Ketua I, Dr. Uus Ahmad Husaeni, M.E.Sy, Wakil Ketua II, M. Adi Sastra Nugraha, M.E, Kepala Prodi Ekonomi Syariah, Yulia Eka Rini, M.Pd, Kepala Prodi PIAUD Hj. Ai Aisah, S.Pd.I., M.Pd.I, Kepala Perpustakaan, Ketua LPM dan LPPM, para dosen di lingkungan Prodi Ekonomi Syariah STAI Al-Ittihad serta tamu undangan lainnya.

Ketua STAI Al-Ittihad Cianjur, Wahyudin berharap, dengan adanya akreditasi tersebut bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya bagi Dosen, Mahasiswa, dan Karyawan dalam penjaminan mutu dari semua aspek.

“Untuk mengelola lembaga pendidikan seperti STAI tidaklah mudah, makanya dengan adanya standar mutu Akreditasi menjadi tolak ukur prestasi sebuah Perguruan Tinggi,” ucap Doktor lulusan Universitas Islam Nusantara Bandung.

Menurutnya, objek yang dinilai mulai dari tenaga dosen, kemahasiswaan, administrasi keuangan, sarana prasarana kampus, lembaga penjaminan mutu. Selain itu, tentu harus sudah mempersiapkan diri dari awal, seperti tenaga dosen tetap yang memiliki NIDN dan memiliki jabatan fungsional dengan standar minimal.

“STAI Al-Ittihad Cianjur sudah berdiri sejak tahun 2019, dengan dua program studi di antaranya, yaitu Program Strata S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Ekonomi Syariah,” ujarnya.

Wahyudin menerangkan, pada usianya yang menginjak ke 4 tahun, STAI Al-Ittihad terus berupaya dan berbenah diri agar menjadi lembaga pendidikan yang inovatif serta mengedepankan kualitas mutu pendidikan.

“Sehingga dengan demikian beberapa pencapaian telah diraih oleh STAI Al-Ittihad, dengan indikator jumlah mahasiswa yang setiap tahunnya menunjukan kenaikan, menjadi mitra kerjasama dengan organisasi pendidikan, dunia usaha dan dunia industri serta menjadi satu satunya kampus di Cianjur dengan mengintegrasikan antara pendidikan kuliah dan mondok yang output santri lulusannya adalah hafal 30 Juz Al-Qur’an,” tutur Dia.

Sementara itu Tim Asesor, Dr. Hefrizal Handra, M.Soc., Sc dan Dr. Junaidi, S.E., M.Si menyampaikan kehadirannya ke STAI Al-Ittihad dalam rangka pelaksanaan tugas dari LAMEMBA untuk melakukan asesmen pada Program Studi Ekonomi Syariah.

“Kami akan mencoba memotret dengan sebaik baiknya dan akan berusaha seobyektif mungkin untuk bekerja secara profesional dalam kegiatan asesmen lapangan hari ini,” imbuhnya.

Ia juga berharap semoga asesmen lapangan ini berjalan dengan baik dan lancar, tentu saja di pihak STAI Al-Ittihad diharapkan dapat bekerja sama dengan baik terutama di dalam menyiapkan dokumen pendukung yang sudah dituliskan, sehingga hasilnya seindah aslinya.

Sebagai tambahan informasi, dalam pertemuan ini juga dilakukan pembacaan pernyataan komitmen bersama dalam pelaksanaan asesmen lapangan yang dipimpin oleh Dr. Hefrizal Handra, M.Soc.

- Advertisement -

Berita Terkini