Rektor Resmikan Rumah Moderasi Beragama FUAD dan Ma’had Jami’ah IAIN Langsa

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langsa – Rektor IAIN Langsa Dr H Basri MA meresmikan Rumah Moderasi Beragama (RMB) pada Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) dan Ma’had Al-Jami’ah IAIN Langsa dilaksanakan di Aula FUAD, Jumat (02/12/2022).

Kegiatan tersebut ikut dihadiri oleh Warek III, Kepada Biro AUAK, Dekan dan seluruh Pejabat di lingkungan Fuad dan mahasiswa (Ormawa). Kepengurusan RMB tersebut terdiri dari unsur dosen, tendik dan mahasiswa masing-masing Prodi.

Dalam sambutanya, Dekan FUAD Dr H Muhammad Nasir MA menyampaikan bahwa RMB dibentuk sebagai wujud komitmen Fakultas terhadap kebijakan pemerintah melalui Kementerian Agama tentang Moderasi Beragama.

“RMB ini diharapkan menjadi tempat berteduh bagi semua civitas akademika FUAD dan masyarakat dalam mengimplementasikan sikap beragama yang teduh, sejuk, damai dan Rahmatan lil’alamin melalui interaksi keseharian dan kajian keilmuan,” tutur Nasir.

Rektor IAIN Langsa
Rektor IAIN Langsa Dr H Basri MA

Usai meresmikan kepengurusan RMB, Rektor menyampaikan arahan bahwa dirinya menyambut baik dan mengapresiasi langkah cepat Dekan Fuad dalam menggaungkan gerakan Moderasi Beragama melalui Rumah Moderasi Beragama.

“Gerakan Moderasi ini diharapkan menjadi gerakan kolektif civitas akademi IAIN Langsa, dan FUAD telah memulainya. Semoga RMB ini mampu mengembangkan kajian Islam Moderat bagi dosen, mahasiswa dan masyarakat lainnya,” tambahnya.

“RMB FUAD diharapkan mengawal terminologi Moderasi beragama ini agar tidak disalam artikan dalam pelaksanaannya. Intinya Kebijakan Moderasi beragama ini bertujuan untuk melahirkan pemahaman dan sikap beragama yang toleran ditengah banyaknya keragaman dalam masyarakat,” pungkas Nasir.

Kepala Biro AUAK IAIN Langsa, dalam paparannya setelah peresmian menyampaikan berkaitan dengan Peta Jalan Rumah Moderasi Beragama yang digariskan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melalui Direktur Pendis sebagai pedoman bagi kita dalam menjalankan kejikan Rumah Moderasi Beragama tersebut.

Setelah kegiatan peresmian, Pengurus RMB sesuai arahan Dekan FUAD selaku pembina, langsung melakukan rapat kerja untuk merumuskan langkah-langkah strategis kegiatan RMB.

Rektor IAIN Langsa
Ketua RMB FUAD IAIN Langsa Muhammad Roni MTH

Muhammad Roni MTH selaku Ketua RMB menyampaikan bahwa mulai hari Senin depan, RMB akan melakukan koordinasi dengan instansi dan unit terkait untuk mewujudkan program RMB dan dalam waktu dekat telah disepakati akan dilakukan kegiatan Bedah Buku “40 Hadis Moderasi”, Karya Dr Asrar Mabrur Faza MA (Pengurus PW NU Sumatera Utara yang juga merupakan Dosen Hadis IAIN Langsa.

(red)

- Advertisement -

Berita Terkini