Capping Day UNHAJ Disemarakkan Pemberian Penghargaan Kepada Mahasiswa Berprestasi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Acara Pinning Day, Capping Day dan Ucap Janji mahasiswa program studi Ilmu Keperawatan program Sarjana angkatan XIV, program studi Kebidanan program Sarjana Terapan angkatan III, program studi Ilmu Keperawatan program Diploma III angkatan XXXVIII dan program studi Kebidanan program Diploma III angkatan XXI Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Haji Sumatera Utara tahun 2022, dilaksanakan, Kamis (24/2/2022) di Grand Inna Medan.

Dalam kegiatan dilaksanakan juga pemberian penghargaan kepada mahasiswa/mahasiswi berprestasi. Serta berbagai pagelaran musik dan tari, yang keseluruhannya dilaksanakan oleh mahasiswa dan mahasiswi.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Fitriani Fadillah, S.Kep., Ns, M.Kep, mengatakan bahwa Capping Day dan ucap janji mahasiswa merupakan tahapan awal yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa keperawatan dan kebidanan sesudah menyelesaikan perkuliahan selama 1 semester, sebelum mahasiswa memasuki dunia profesi untuk melakukan praktek di klinik, rumah sakit atau layanan kesehatan lain.

“Teruslah asah kemampuan dengan terus mendalami ilmu kesehatan, khususnya bidan dan keperawatan,” ucap Fitriani Fadillah, S.Kep, Ns, M.Kep.

Ditambahkan Fitriani Fadillah, Penerimaan Mahasiswa Baru TA. 2022/2023 sudah dibuka untuk Fakutas Ilmu Kesehatan serta Fakutas Soshum & Pendidikan. UNHAJ terus mengembangkan diri menjadi Kampus MEBIDANG (Medan – Binjai – Deli Serdang). UNHAJ Kampus Medan di Jalan Selamat Medan, UNHAJ Kampus Binjai Jalan Samanhudi Binjai dan UNHAJ Kampus Deli Serdang Jalan RS. Haji Medan Medan Estate Percut Sei Tuan Deli Serdang.

Penghargaan kepada mahasiswa berprestasi berupa plakat dan sertifikat dari program studi Ilmu Keperawatan terbaik I Roza Cella Purba IP. 3.94, terbaik 2 Tarry Aprina S. IP. 3.94 dan terbaik III Ayu Novita Sari IP. 3.90. Program studi Ilmu Keperawatan program Diploma III terbaik I Yuyun Aritonang IP. 3.45, terbaik II Ahmad Alfarizi IP. 3.37 dan terbaik III Dinda Dwi Artika IP. 3.37.

Program studi Kebidanan program Sarjana Terapan terbaik I Vionalita Putri IP. 3.85, terbaik II Meyfiga Fisahri IP. 3.85 dan terbaik III Adelya Tifanni IP.3.85. Program studi Kebidanan program Diploma IIIterbaik I Siti Rahmayani Tambunan IP. 3.88, terbaik II Thami Afifah Tanjung IP. 3.88, terbaik III Najwa Fadilla Amry IP. 3,88.

Ketua Aptisi wilayah I Provinsi Sumatera Utara diwakili wakil ketua kemahasiswaan dan kewirausahaan Dr. Sri Rezeki, SE., M.Si, mengajak seluruh mahasiswa yang di capping day dalam menjalankan tugas praktek klinik di RS dan lahan praktek keperawatan dan kebidanan agar dalam melayani pasien lebih ramah dan profesional.

“Ketika kalian nanti bekerja dalam memberikan pelayanan kepada pasien harus ramah, melayani pasien dengan sepenuh hati dan harus mampu menjaga kerahasiaan pasien sesuai janji yang telah kalian ucapkan,” sebut Dr Sri Rezeki, SE., M.Si.

Kepala LLDikti Wilayah I provinsi Sumatera Utara Prof. Dr. H. Ibnu Hajar Damanik, M.Si dalam arahannya menyampaikan, “Capping Day ini pesannya simbolik, jadikanlah diri kalian simbol sosok manusia yang membela kemanusiaan, jadilah Rufaidah Binti Saad dan Florence Nightingale yang melanjutkan perjuangan mereka sesuai dengan tema capping day hari ini membangun nilai dan moral bagi perawat dan bidan dalam menjaga profesionalitas kerja sebagai tenaga kesehatan menuju hiperkompetisi,” ujar Prof. Ibnu Hajar.

Ucap janji dipandu oleh Anwar Bagus Pratama yang diikuti oleh seluruh mahasiswa yang di Capping Day. Acara di awali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Anwar Tumanggor dan Saritilawah Jihan Fadia. Pembacaan doa oleh Al-Ustadz Zulkarnaen Sitanggang, S.Ag., MA dilanjutkan dengan upacara Nasional menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta seraya mendoakan para syuhada yang gugur dalam merebut kemerdekaan.

Hadir dalam acara ini Kepala LLDikti Wilayah I Sumut Prof. Dr. H. Ibnu Hajar Damanik, M.Si, Aptisi Wilayah I Sumut Dr. Sri Rezeki, SE, M.Si, PPNI Sumut, IBI Sumut, IBI Deli Serdang, CI lahan praktek (Rumah Sakit & Klinik), Yayasan Pendidikan Haji Sumut Prof. Dian Armanto, M.Pd, Ph.D dan dr. Hj. Fatni Sulani, DTM&H, M.Si, Pimpinan Institusi Pendidikan Kesehatan, Pimpinan Bank Sumut, Pimpinan Bank Syariah Indonesia (BSI), Pimpinan RS. Madani, Pimpinan RS. Sufina Aziz, orang tua mahasiswa dan seluruh undangan yang hadir. Acara ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid 19. (Fian)

- Advertisement -

Berita Terkini