STIT AILU Adakan Stadium General, Angkat Tema Kompetensi Guru Milenial

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara (STIT AILU) mengadakan Stadium General dengan tema “Kompetensi Guru Milenial”.

Acara ini dilaksanakan daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting pada hari Rabu, (12/1/2022). Hadir sebagai narasumber tunggal, Safran, M.Pd.I yang merupakan Dosen Tetap Prodi PGMI FITK UIN Sumatera Utara Medan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pembina Yayasan Pendidikan Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengawali dengan memberikan pertanyaan terkait dengan tema yang diusung: “Apakah milenial yang dimaksud adalah gurunya? atau mahasiswa saat ini yang ingin menjadi guru?”

Prof. Syafaruddin menambahkan bahwa kemajuan teknologi harus dapat dimanfaatkan sebagai ajang silaturrahmi dan berdiskusi. Saat ini dan kedepannya, menyahuti kemajuan teknologi adalah satu diantara kompetensi guru milenial yang wajib dikuasai.

Dalam paparannya, narasumber sempat bernostalgia dan menyampaikan bahwa beliau tidak merasa asing berada di tengah-tengah kampus STIT AILU sebab beberapa waktu yang lalu sempat bergabung menjadi dosen dan berharap di masa yang akan datang juga dapat bergabung kembali.

STIT AILU
Tangkapan Layar (dok istimewa)

Menurut Safran M.Pd.I bahwa guru merupakan ujung tombak pembelajaran. Jadi berhasil tidaknya pembelajaran sangat ditentukan oleh kualitas guru tersebut.

“Secara umum kompetensi milenial guru sama dengan kompetensi guru yang telah ditetapkan pemerintah yakni kempetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Namun demikian, secara khusus yang dimaksud kompetensi guru milenial adalah guru yang mampu mewujudkan generasi emas seperti harapan pemerintah di tahun 2045,” jelasnya.

STIT Adakan Stadium General
Tangkapan Layar (dok istimewa)

Menurut Hemat Safran, ada enam kompetensi khusus yang harus dimiliki oleh guru dan calon guru milenial yaitu: inspiratif, kreatif, inovatif, komunikatif, religius dan kemampuan menguasai teknologi.

Kegiatan stadium general ini dipandu langsung oleh Ketua STIT AlLU Dr. Mursal Aziz, M.Pd.I. Di akhir acara, beliau berharap agar kerja sama STIT AILU dengan FITK UIN Sumatera Utara Medan dapat terus dilanjutkan dengan kolaborasi berbagai kegiatan yang bersifat akademik.

(red)

- Advertisement -

Berita Terkini