Duta Pendidikan Banten Gelar Kegiatan Advokasi di Sekolah Terpencil

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Serang – Dalam upaya melaksanakan program kerja, Duta Pendidikan Banten menggelar kegiatan advokasi di Sekolah Dasar Negeri Citasuk 2, Desa Batu Kuwung, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Sabtu (04/12/2021).

Kegiatan advokasi ini bernama “One Day with Duta Pendidikan” sudah berjalan sejak tahun 2020 dan menjadi program rutin yang dijalankan oleh Duta Pendidikan Banten hingga saat ini. Meskipun di tengah guyuran hujan, anak-anak tetap semangat dan antusias mengikuti kegiatan.

Kepala Sekolah Dasar Negeri Citasuk 2 merasa sangat senang dengan kehadiran Duta Pendidikan Banten di sekolah yang belum mendapatkan bantuan pembangunan dari pemerintah sejak tahun 2016 dan lokasi sekolah yang sulit dijangkau ini jarang sekali kedatangan tamu dari luar.

“Kami sangat berharap banyak bahwa kehadiran Duta Pendidikan Banten di sekolah ini dapat menginspirasi dan meningkatkan motivasi siswa-siswi di SDN Citasuk 2,” katanya.

Hal senada disampaikan Dara Swandana, Puteri Pendidikan Banten 2021, yang juga mengungkapkan rasa suka citanya karena dapat mengunjungi dan berkegiatan di salah satu sekolah terpencil di provinsi Banten.

“Sejak kecil saya sudah tinggal di Tangerang Selatan yang merupakan daerah di provinsi Banten yang terhitung lebih beruntung. Kesempatan kali ini membuat saya kembali mengingat bahwa pendidikan di Indonesia masih jauh dari kata merata, bahkan di dalam provinsi yang sama. Hal ini tentunya semakin memacu semangat saya dan rekan-rekan Duta Pendidikan Banten untuk terus memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan di negeri ini,” pungkasnya.

Ketua Pelaksana, Riska Mahira, menyampaikan dalam agenda kali ini terdapat beberapa kegiatan yaitu Sosialisasi 4 Pilar, gizi seimbang, tata cara menyikat gigi yang benar, bermain sambil belajar dan juga ada kegiatan sosial berupa membagikan sembako bagi guru dan siswa yatim di SDN Citasuk 2 dan SMPN 4 Padarincang Satap.

“One Day kali ini mengusung tema ‘Muda Menginspirasi, Berbagi dan Mengabdi untuk Negeri’ merupakan salah satu proses belajar dan ikhtiar dari para Duta Pendidikan Banten 2021 yang berupaya berpartisipasi untuk menjadi bagian dari solusi serta memberikan manfaat bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, khususnya di bidang pendidikan termasuk juga untuk meningkatkan empati dan kepedulian terhadap sesama,” tuturnya.

Regional Director Duta Pendidikan Banten, Godir Prayoto, mengungkapkan bahwa di akhir kegiatan, Duta Pendidikan Banten membagikan hadiah kepada seluruh siswa berupa alat tulis, sikat gigi, masker dan juga makanan ringan.

“Saya merasa bersyukur dan terima kasih kepada orang-orang yang sudah mengajarkan saya tentang arti jerih payah, sebuah kasih sayang dan kepedulian kepada sesama. Saya tidak pernah membayangkan akan terlibat dalam sebuah acara yang luar biasa ini,” ungkapnya dengan penuh semangat.

- Advertisement -

Berita Terkini