Tingkatkan Kualitas Pendidikan Guru Madrasah, Pemkab Ciamis Serahkan Dana Hibah 1,4 M

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ciamis – Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan Guru Madrasah, Pemerintah Kabupaten Ciamis menyerahkan Dana Hibah sebesar 1,4 M melalui Kementerian Agama Kabupaten Ciamis.

Dana Hibah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, kepada pihak Kementrian Agama Ciamis, bertempat di Ruang Oproom Sekretariat Daerah, Selasa (02/11/2021).

Diketahui, Dana Hibah tersebut akan digunakan untuk program kegiatan workshop peningkatan mutu dan kualitas pendidikan Guru RA dan Madrasah Bukan PNS, yang tergabung dalam Perkumpulan Pendidik dan Kependidikan Madrasah Indonesia (PPKMI), di bawah Binaan Kantor Kemenag Ciamis.

Yana D Putra menyampaikan penyerahan hibah tersebut sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah Daerah di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19.

“Meskipun kita berada di tengah kondisi yang sulit akibat pandemi, kegiatan keagamaan selalu dijadikan prioritas,” ungkap Yana.

Menurutnya, pandemi telah berdampak pada seluruh sektor kehidupan tidak hanya kesehatan tapi yang lain pun terdampak, termasuk dengan APBD Kabupaten Ciamis, Provinsi, bahkan Nasional.

“Meskipun demikian, Pemerintah Kabupaten Ciamis tidak berarti berdiam diri dan hari ini akan menyerahkan bantuan pada Kemenag dan kemudian dilanjutkan pada PPKMI,” tuturnya.

Yana berharap, bantuan tersebut betul-betul bisa berbanding lurus dengan peningkatan SDM, baik itu Tenaga Pendidik, maupun anak didiknya.

“Sehingga masyarakat bisa betul-betul berkualitas, bermartabat dan berakhlakul karimah, sesuai dengan salah satu Misi Ciamis, yaitu meningkatkan kualitas SDM,” ucapnya.

Terakhir, beliau berpesan agar pengelolaan bantuan dana tersebut harus sesuai dengan peraturan Perundang – Undangan yang berlaku, ditujukan dan dikelola sesuai dengan sasaran yang telah direncanakan.

Sementara itu, Ketua PPKMI Ciamis Taofik Mansyur, mengatakan program peningkatan kualitas Guru Madrasah merupakan sinergitas visi misi antara Pemerintah Daerah, Kementrian Agama Ciamis dan PPKMI yang di dalamnya sama-sama bertujuan untuk meningkatkan SDM.

“Kegiatan yang dilaksanakan bagi Guru Non PNS di Tingkat RA, MI, MTs dan MA ini, bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas, integritas, profesionalitas dan kompetensi pendidik,” jelasnya.

Taofik menjelaskan sebanyak kurang lebih 1386 orang terdiri dari Guru RA, MI, MTs dan MA, akan mengikiti Workshop peningkatan mutu yang rencananya dibagi ke dalam 14 Kelas, di 14 titik lokasi.

“Adapun pelaksanaannya dengan cara tatap muka terbatas dan secara online atau zoom meeting,” pungkasnya. (BQ)

- Advertisement -

Berita Terkini