Sumpah Pemuda, PPPI Kepulauan Riau Gelar Webinar Zoom

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Kepulauan Riau – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 2021, Putera-Puteri Pendidikan Indonesia Provinsi Kepulauan Riau menggelar webinar zoom dengan tema “Peran Pemuda Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Pada Digitalisasi Era 4.0”, Ahad (31/10/2021).

Winner Puteri Pendidikan Kepulauan Riau 2021, Intan Permata Mipon mengatakan, peran pemuda dalam menghadapi pendidikan pada digitalisasi era 4.0 sangat penting terutama dalam hal pengembangan sumber daya manusia.

“Setidaknya ada 3 poin penting yang perlu di garis bawahi dalam menghadapi pendidikan pada digitalisasi era 4.0 yakni menyiapkan generasi bangsa untuk menciptakan pekerjaan yang saat ini belum ada, membentuk kader generasi bangsa untuk menyelesaikan masalah, dan menyiapkan generasi muda untuk menciptakan serta menggunakan teknologi dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Intan menilai hal inilah yang menjadi tantangan saat ini dan masa mendatang dikarenakan pendidikan itu diubah untuk memenuhi kebutuhan industri di masyarakat.

“Melalui pendidikan kita dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing sehingga bisa mengembangkan taraf kehidupan menjadi lebih baik,” ucap gadis asli Kepulauan Riau ini.

Hal senada disampaikan Mister Education Indonesia 2021, Muhammad Panji Reno Satrio, era digitalisasi saat ini kualitas pendidikan dan sosial budaya kita semakin hari kian menurun sehingga perlu adanya pencegahan dan optimalisasi peran serta generasi muda menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.

“Kreativitas dan kontribusi generasi milenial sangat diperlukan di era persaingan global yang semakin memanas khususnya di dunia pendidikan dan sosial budaya sebab mereka adalah generasi yang akan mewarisi bangsa ini kedepannya,” ucapnya.

Panji menjelaskan, wajib hukumnya bagi pemuda berada di garda terdepan dalam menyikapi revolusi industri 4.0 dengan kreativitas yang mumpuni.

“Kelak pemuda sebagai nahkoda bangsa harus siap menghadapi terjangan arus akibat revolusi industri 4.0 serta siap berinovasi demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” katanya.

Sementara itu, Runner Up 4 Puteri Pendidikan Kepulauan Riau 2021, Umi Salamiati, berpandangan bahwa para pemuda bisa membentuk suatu komunitas atau organisasi yang mengedukasi para siswa, orangtua dan guru tentang teknologi yang digunakan dalam pembelajaran, dengan mengadakan workshop dan pelatihan-pelatihan.

“Bila perlu door to door menjelaskan secara detail tentang penggunaan teknologi sehingga meminimalisir keterbatasan pengetahuan tentang teknologi yang digunakan dalam pendidikan,” tutup Umi.

- Advertisement -

Berita Terkini