KKG-PAI Selenggarakan Kegiatan Manasik Haji untuk Siswa/i Tingkat Sekolah Dasar se Kecamatan Binjai

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Pendidikan agama pada masa anak terjadi melalui pengalaman hidupnya sejak kecil. Maka dari itu, penerapan tentang rukun Islam perlu perkenalkan sejak dini. Dengan pengenalan nilai-nilai Islam dan pengaplikasiannya sejak dini diharapkan anak tidak hanya hafal urutan rukun Islam saja akan tetapi juga mengerti dan tahu bagaimana penerapannya.

Salah satu program kerja Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG-PAI) Kecamatan Binjai Tahun 2022-2023 adalah diselenggarakannya kegiatan manasik haji guna mengejawantahkan penanaman nilai-nilai pendidikan agama sejak dini.

Adapun kegiatan tersebut terselenggara dengan tertib dan lancar dengan diikuti oleh jumlah peserta 300 siswa/i SD perwakilan setiap sekolah se-Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Langkat, pada hari Rabu (22/2/2023).

Kegiatan itu sendiri dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Langkat H. Ainul Aswad, MA. didampingi Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAIS) Kementerian Agama Kabupaten Langkat H. Edi Rosady MA.

“Ibadah haji merupakan panggilan Allah SWT. kalau sudah mampu dan sehat Insya Allah pada saatnya kita semua dapat melaksanakan haji dan umrah,” kata Kakan Kemenag Langkat dalam sambutannya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, beliau juga mengajak semua peserta manasik haji membaca lafaz talbiyah besama-sama. Kegiatan tersebut dibimbing oleh H. Khairy El-Fuad SAg MSi (Ka KUA Kecamatan Stabat) dan Hj. Hani Juliana SAg ME (Staf PAIS Kemenag Kabupaten Langkat).

Sementara itu, Kasi PAIS Kemenag Kabupaten Langkat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada KKG-PAI yang telah menyelenggarakan kegiatan manasik haji tersebut untuk yang perdana sekali se-kecamatan tingkat dasar di Kabupaten Langkat.

“Manasik haji ini merupakan bagian dari merdeka belajar. yang dapat dilaksanakan tidak hanya disekolah namun diluar sekolah untuk memacu dan menambah keilmuan peserta didik,” kata Edi Rosady.

Terpisah, Ketua KKG-PAI Kecamatan Binjai Doni Irwansyah Hrp MPd menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh kepala sekolah se-kecamatan Binjai yang sudah memberikan dukungan moril maupun materil agar kegiatatan ini dapat terlaksana.

“Kegiatan ini rencananya akan terus dilaksanakan sebagai Kalender Tahunan dari KKG-PAI Kecamatan Binjai di tahun-tahun yang akan datang,” ujarnya.

Doni juga berharap kegiatan ini dapat ditularkan kepada yang lain karena ini adalah kegiatan yang sangat positif. Atau bahkan bisa diselenggarakan dalam skala yang lebih besar lagi.

Dalam kegiatan tersebut turut juga hadir beberapa kepala sekolah yang antusias menyaksikan peserta didiknya mengikuti manasik haji tersebut, diantaranya KaSDN 055995, KaSDN 050578, KaSDN 058241, KaSDN 050585, KaSDN 057201, KaSDN 050579, KaSDN 050593, KaSDN 050581, KaSDN 053973 dan KaSDIT Al-Hikmah.

(MY)

- Advertisement -

Berita Terkini