Mahasiswa Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir UIN-SU, Laksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mandiri di Desa Kolam

Mahasiswa Prodi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir UIN-SU, Laksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mandiri di Desa Kolam
Mahasiswa Prodi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir UIN-SU, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat mandiri di Desa Kolam.

MUDANEWS.COM, Medan – Dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Mahasiswa Prodi Ilmu Al qur’an dan Tafsir Semester V Kelas E , Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Dengan memakai Sistem Perkelompok, maka 8 orang mahasiwa/i dengan penuh semangat dan daya juang yang tinggi melaksanakan program kegiatan Pengabdian Masyarakat yang bertemakan tentang Pemahaman dan Penerapan Al Quran di Masa Pandemi Covid-19 Agar terciptanya Generasi Rabbani yang berjiwa Qurani.

Terhitung sejak terbitnya surat Izin Melaksanakan Pengabdian Masyarakat dengan Nomor Surat B.647/USI/PP.00.9/03/2021 dan Mendapatkan Surat Balasan dari Pemerintahan Desa Kolam dengan Nomor Surat 470/574/2021.

Maka mereka dengan baik disambut dan didukung masyarakat Desa Kolam untuk menjalankan program kegiatan pengabdian masyarakat. Bertempat di Dsn. XII JL.Sukmo Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang pada (17- 25/03/ 2021 ). Tepatnya di Taman Bacaan Masyarakat Dusun 12 Jalan Sukmo, di rumah Kepala Lingkungaan, Miswanto.

Adapun yang menjalankan pengabdian Masyarakat secara perkelompok dengan Ketua : Insan Fadillah Dengan NIM (0403183185), Sekretaris : Khoirunnisa Habib Dengan NIM (0403183164), Bendahara: Indah Permata Sari Dengan NIM (0403183166), Angota: Khairunnisa Dengan NIM (0403183167), Sri Melati Dengan NIM (0403183169), Nursyiah Dengan NIM (0403183182), Fahmi Khairi Mustawa Dengan NIM (0403183187) , Fairuz Al Faruq Dengan NIM (0403183187).

Sebelum pelepasan mereka untuk bertugas mengabdikan diri di Desa Kolam beberapa nasehat diberikan oleh salah seorang tokoh masyarakat di Bandar Setia selaku orang tua pembimbing.

“Dalam masa pengabdian ini janganlah lupa untuk selalu menjaga kekompakan dan kerja sama tim yang solid, apalagi kalian tengah membawa nama baik mahasiswa Prodi Ilmu Alquran dan Tafsir UIN Sumatera Utara, jadi harusnya kalian bersungguh-sunguh memberikan implementasi dari segala wawasan dan pengetahuan yang kalian miliki untuk dikontribuskan kepada masyarakat. Baik dari pikiran, tenanga, imajinasi, waktu, semangat, kerja keras dan juga harta demi mensukseskan program kegiatan pengabdian masyarakat tetapi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada,” nasehat singkat Al-Ustadz Sapparuddin, MA.

Mahasiswa Prodi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir UIN-SU, Laksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mandiri di Desa Kolam
Mahasiswa Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir UIN-SU, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat mandiri di Desa Kolam.

Dalam pengabdian masyarakat ini telah terlaksana beberapa kegiatan di antaranya :

  1. Sosialisasi Keagamaan serta silaturahmi kerumah-rumah warga dalam agenda perwiritan dari kaum ibu-ibu setiap hari selasa dan perwiritan bapak-bapak setiap malam Jumat.
  2. Pembelajaran membaca alquran untuk anak-anak didesa kolam setiap harinya.
  3. Penerapan sholat berjamaah setiap waktu sholat yang dipimpin bergantian oleh mahasiwa IAT.
  4. Melaksanakan kegiatan kebersihan lingkungan dusun 12 dan di lingkungan Mushola Miftahul Ulum.
  5. Mengadakan Sosialisasi pendidikan ke sekolah-sekolah baik yang masih bersifat dirumahkan atau offline disekolah dengan protokol kesehatan.
  6. Melakukan Sosialisasi kekantor kepala desa dan ikut melaksanakan rutinitas pemerintahan termasuk Apel Pagi dan Rahar (Rapat Harian).
  7. Penjagaan Posko Covid-19 di Kantor Kepala Desa dan diDusun 12.
  8. Mensupport Acara Sunatan Massal Dusun 2, Jalan Utama berkolaborasi dengan PKL Rumah Sakit Imelda dan Menghadiri Acara Isra Mi’raj di Masjid Al Hikmah.
  9. Mengadakan Festival Anak Sholeh, dengan perlombaan membaca surah pendek, adzan, Praktek sholat dan busana muslim.
  10. Melakukan kegiatan berkebun di lahan Kepala Lingkungan , Dusun 12.
  11. Melaksankan kegiatan Isra Mi’raj. Dengan Moderator 3 bahasa dengan pemaparan perihal Isra Mi’raj dengan Al Ustad Khairi Mustawa dan Insan Fadillah Serta peranan penting lainnya yang dilakukan oleh seluruh kelompok Mahasiswa Pengabdian IAT.
  12. Melakukan Kegiatan Amal Bakti Santunan Anak Yatim , Piatu dan Dhuafa.
  13. Mengadakan penyuluhan gemar membaca dan mengadakan program untuk membangkinkan dan meningkatkan antusias semangat belajar dan membaca pada anak-anak didesa kolam.

Dalam closing ceremony, Miswanto selaku Kepala Dusun 12 Jalan Sukmo sekaligus Ketua BKM Miftahul Ulum tak pernah letih memberikan nasehat untuk asupan rohani agar kelak bisa menjadi pembelajaran dimasa mendatang.

“Nak, kalau bisa tanamkan dalam diri kita untuk selalu berpegang dalam 2 hal yaitu Habblumminallah dan Hablumminnannas Hubungan dengan Allah dan Hubungan sesama Manusia jaga hubungan kita dengan Allah serta jaga hubungan kita juga dengan karib kerabat. Jika kita mengadakat sebuah kegiatan ataupun acara baik kecil maupun besar usahakanlah kita berikan hal-hal yang bermanfaat bagi khalayak ramai biar segala yang kita lakukan bisa mendapatkan keberkahan,” ucapnya.

Lebih lanjut Miswanto mengatakan, jadikan pedoman hidup ini dalam sebuah hadist Khoirunnas Anfauhum Linnas sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Mulailah dari hal-hal kecil. Tanamkan dalam diri untuk selalu ikhlas. Karena Keikhlasan bisa membuat amal yang kecil bernilai besar. Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit.

“Semoga dalam setiap kegiatan dan program yang telah di laksanakan selama pengabdian dapat menjadi pembelajaran yang bermanfaat, dapat berguna untuk kalian aplikasikan keluar dan jangan lupa datang kembali ke Desa Kolam, kalian semua sudah bapak dan ibu anggap seperti anak-anak kami,” kata Miswanto.

Sebagai kenang-kenangan, Kelompok Pengabdian Masyarakat memberikan cendramata berupa piagam penghargaan kepada Miswanto selaku Kepala Dusun 12 Jalan Sukmoyang sudah sangat banyak membantu dan mendukung Mahasiswa Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir UIN-SU dalam menjalankan program kegiatan masyarakat hingga berjalan lancar dan mendapat kesan baik didalam hati Masyarakat Desa Kolam baik Tua maupun Muda.

(Khoinisha)