Peran Aktif Masyarakat Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Nasional

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Wahyu Panjaitan

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Akademisi Universitas Negeri Medan (UNIMED), Prof. Dr. Sumarno M. Pd mengatakan bahwa tujuan pendidikan nasional tidak akan pernah dicapai apabila masyarakat tidak ikut aktif  mengawasi anak nya yang berusia sekolah.

“Dewasa ini, siswa itu seolah-olah hanya tanggung jawab sekolah. Padahal bukan seperti itu harusnya. Orang tua, dan masyarakat juga bertanggung jawab besar. Pemerintah juga harus selalu mengawal system dan perkembangan pendidikan di Indonesia ini agar tercapai tujuan pendidikan nasional sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang,” katanya saat diwawancarai MUDANews.com, Selasa (10/1).

Selain itu, tujuan pendidikan nasional juga tidak akan tercapai jika penyelenggara pendidikan tidak memberikan kenyamanan dan ketenangan saat siswa menjalani proses pembelajaran.

“Siswa saat ini masih menganggap sekolah itu sebagai penjara, sehingga tidak heran kita kalau hari ini mereka merasakan ketakutan dan ketegangan saat didalam ruangan kelas. Harusnya sekolah itu memberikan kenyaman dan ketenangan bagaimana layaknya taman,” jelasnya

Kalau mereka sudah merasakan kenyamanan dan ketenangan maka mereka sadar bahwa sekolah itu adalah proses pendidikan dan proses pengembangan keperibadian,” tambahnya.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini