KPU Mempercepat Jadwal Pendaftaran Capres Cawapres, Catat Tanggalnya 10-16 Oktober 2023

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, OPINI – Ada wacana dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mempercepat pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) menuju pemilu presiden (pilpres) 2024.

Dilansir dari laman KPU jadwal pengumuman pendaftaran capres dan cawapres bakal diadakan pada tanggal 7-9 Oktober 2023. Kemudian masa pendaftarannya dimulai 19 Oktober hingga 24 November 2023. Jadwal itu berdasarkan keputusan Peraturan KPU no 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilu tahun 2024.

Kemudian oleh KPU jadwal pendaftaran capres cawapres yang semula 19 Oktober – 24 November 2023 diubah menjadi tanggal 10 – 16 Oktober 2023. Catat tanggalnya, hanya hitungan hari kita bisa tahu siapa saja yang maju jadi paslon capres dan cawapresnya.

Ingat ya lur, jadwal pendaftaran capres dan cawapres diajukan. Kita bisa tahu siapa-siapa saja yang maju dipilpres 2024.

Menurut Menko Polhukam Prof Mahfud MD, rencana pendaftatan capres cawapres dipercepat. Prof Mahfud menyinggung waktu yang terlalu lama membuat pertengkaran.

Begitu dengar pernyataan dari Prof Mahfud lewat video yang beredar di WA group, hati penulis rasanya senang sekali.

Di WhatsApp Group (WAG) NU, Ganjar, Banser, Nasionalis, Group Islam Wasathiyah Corner, Santrine Gus Dur, Pelangi Nusantara, dan WAG lainnya, setiap hari para membernya hanya adu argumen, membela calonnya masing-masing. Gaduh banget, usul dengan analisa masing-masing.

Ada yang fanatik dengan partai politiknya, ada yang ngefans sama calon capres cawapresnya. Gotak gatok dengan analisanya, yang penting punya alasan sendiri untuk mengajukan nama capres dan cawapresnya. Dari paslon capres cawapres baru ada satu paslon yang sudah deklarasi, yang lain belum. Mungkin ingin membuat surprise tersendiri pada penggemarnya.

Setiap hari di media sosial selalu muncul perbedaan pendapat atas pilihan politik yang berbeda.
Ini menyebabkan perang argumen yang panas, orangnya belum pernah bertemu, belum kenal sudah pada ‘berantem’ di WA Group, kebawa perasaan (baper) akhirnya pada keluar dari group.

Tiba-tiba banyak diantara para member group tersulut emosi, menganggap kebenaran ada dipihaknya. Ngeles dengan menyalahkan pihak lain yang tidak sejalan. Mudah termakan hoak atau berita bohong.

Semoga dengan adanya jadwal pendaftaran capres dan cawapres dimajukan bisa membuat kita semua lega. Jadi tahu siapa saja capres dan cawapres yang akan berlaga ke pilpres 2024.

Kita dukung pasangan capres dan cawapres dengan penuh suka cita, kalau ada perbedaan pilihan politiknya ya wajar saja. Namanya kontestan, ada yang menang, ada juga yang kalah.

“Saya berharap kita semua bisa menghantarkan dan menyongsong pemilu dengan baik,” kata pak Mahfud dalam acara Konsolidasi Kebangsaan di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (8/9/2023).

Sementara untuk memilih atau coblos capres dan cawapres tetap pada tanggal 14 Februari 2024. Semoga kita tetap bisa menjaga perasaan satu sama lain, dan hidup rukun berdampingan walau beda pilihan politiknya.

Sekali lagi, ingat tanggal 10-16 Oktober 2023 mendatang ada pendaftaran capres dan cawapres untuk pilpres 2024.

Oleh : Nurul Azizah (Penulis Buku Muslimat NU Militan Untuk NKRI).

Artikulli paraprak
Artikulli tjetër
- Advertisement -

Berita Terkini