Sumpah Pemuda Dikalangan Milenial

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Opini – Setiap tahun memasuki bulan Oktober, ada sebuah peristiwa sejarah Indonesia yang tidak lepas dari sebuah perbincangan seluruh masyarakat Indonesia terlebih kelompok pemuda dan aktivitas khususnya.

28 Oktober 1928, adalah tahun dimana ada sebuah peristiwa yang cukup monumental dalam perkembangan menuju Indonesia merdeka. Terdapat sekelompok orang yang sudah tersadarkan akan pentingnya sebuah persatuan, demi melawan penjajah dalam hal ini kolonialisme Belanda yang cukup lama bercokol di Nusantara.

Keragaman kultural, ternyata tidak menjadi penghambat kaum kaum terdidik pribumi kala itu untuk bermimpi menciptakan persatuan, untuk itu semua kelompok pemuda yang tergabung di Jong Jong setiap daerah, mengambil titik sepakat untuk mengadakan pertemuan demi mencari titik kesepakatan para pemuda terdidik.

Point yang sangat baik kemudian diaplikasikan dari peristiwa bersejarah itu adalah adanya niat baik untuk bersatu, walaupun adanya penghambat dari sisi kultural Indonesia yang beragam. Secara tujuan, sumpah pemuda bertujuan untuk :

1. Melaksanakan cita-cita untuk mengumpulkan seluruh pemuda Indonesia
2. Membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme para pemuda pemudi Indonesia
3. Menghilangkan rasa kedaerahan yang selalu menjadi penghalang rakyat Indonesia untuk bersatu
4. Memperkokoh dan mempertebal rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
5. Memperluas usaha-usaha dan kegiatan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia

Dari kelima hal di atas pemuda menyadari betul bahwa harus ada pengikat yang kuat sebagai landasan, menuju sebuah kemerdekaan yang hakiki. Sehingga pada kongres kedua pemuda menghasilkan konsensus yang kemudian dikenal sebagai sebuah Sumpah Pemuda
Tiga point penting dari kongres pemuda tersebut adalah menegaskan cita-cita akan “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”.

Makna Dikonteks Sumpah Pemuda Indonesia Hari Ini

Seiring perkembangan Zaman dan juga kemajuan Indonesia, semakin penting rasanya semangat pemuda melalui Kongres pemuda era tahun 1928 dihidupkan kembali. Mengingat pemuda hari ini terkesan dianggap apatis dan apolitis terhadap Kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

Pemuda hari ini, atau yang sering disebut sebagai kaum milenial harus menyadari dalam rangka mempersatukan ide, gagasan juga tujuan berbangsa dan bernegara ini bukan hal yang mudah apalagi di tengah kepentingan yang semakin kompleks dan beragam.

Pemuda Milineal hari ini harus tau betul peran apa yang nyata perlu dilakukan dalam rangka merawat semangat yang sudah pernah ada. Untuk itu diperlukan beberapa hal menurut saya dimiliki pemuda Milineal Harus dilakukan untuk memaknai Sumpah Pemuda, yaitu:

1.Terus belajar dan ciptakan prestasi
2.Mencintai diri sendiri dan bangga sebagai bangsa Indonesia
3.Berperilaku 4 C, yaitu creative, critis, comunikatif, control diri
4.Pertahankan dan gunakan bahasa Indonesia
5.Menjadi social and technology engineering bagi kemajuan bangsa
6.Berparadigma unity in diversity dalam segala ruang kehidupan

Oleh : Ketua GMKI Cabang Medan
Irwan Maranata Siregar SPd

- Advertisement -

Berita Terkini