Vaksinasi Gotong Royong, Keadilan Hakiki Jalan Keluar dari Pandemi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANES.COM – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa Vaksinasi Gotong Royong Individu merupakan opsi untuk masyarakat untuk memilih vaksin tersebut atau tidak.

“Prinsipnya pemerintah membuka opsi yang luas bagi masyarakat yang ingin mengambil vaksin gotong royong baik melalui perusahaan maupun melalui individu,” katanya dalam konferensi pers virtual, yang dikutip dari laman berita sahabatnegeriku.kemkes.go.id Senin (12/7/2021).

Vaksinasi Gotong Royong adalah Keadilan Hakiki

Program vaksinasi gotong royong atau vaksinasi berbayar yang dicanangkan pemerintah merupakan solusi kongkrit bagi efektifitas dalam pengendalian penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19. Program tersebut mengutamakan prinsip gotong royong dan asas keadilan yang hakiki. Bagaimana tidak, istilah keadilan bukan memberikan perlakuan sama rata namun perlakuan hak sesuai kebutuhannya.

Keadilan dalam konteks yang lebih luas tidak hanya sekedar perlakuan sama rata sama rasa, namun lebih dari itu yakni persamaan perlakuan untuk memenuhi kebutuhan secara proporsional. Ketika warga negara diberlakukan sesuai dengan kebutuhannya, tidak egois meminta kalau dia sanggup tapi lebih kepada sikap berjiwa besar menyisihkan yang dia punya untuk masyarakat lain yang lebih membutuhkan. Inilah keadilan hakiki.

Allah SWT berfirmam dalam Alqur’an Surat At-Tin ayat 8 berbunyi; “Bukankah Allah adalah hakim yang seadil-adilnya”. Ayat tersebut penuh makna yang mana perlakuan adil kalau kita resapi bukan hanya berpikir untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, namun Allah jauh lebih tau bahwa dia selalu memberi apa yang kita butuhkan.

Karena keadilan-Nya, Allah SWT disebut juga oleh Alquran dengan sebutan Al- ‘Adl (Tuhan Yang Maha Adil). Adil karena memberikan kepada makhluk hak mereka serta ditempatkan-Nya masing-masing makhluk-Nya itu pada posisi yang sesuai dengan tabiat mereka.

Jadi menurut pemahaman penulis disini bagaimana kita bisa bersikap dewasa dan lebih mengutamakan kepentingan masyrakat luas daripada terus-terusan meminta hak yang sebenarnya hak itu jauh dari kesanggupan kita. Ketahuilah bahwa itu akan menjerumuskan kita kepada lubang kemunafikan, sesungguhnya Allah SWT sangat membenci orang-orang munafik.

Vaksinasi Gotong Royong Jalan Keluar dari Pandemi

Pemerintah Republik Indonesi bukan serta merta tidak memikirkan setiap kebijakan dan yang dikeluarkan dalam mengatasi pandemi yang sudah melanda negeri ini lebih dari 1 tahun. Tentunya kebijakan yang dikeluarkan sudah melalui proses penelaahan yang sangat dalam dan juga melibatkan seluruh elemen.

Kebijakan pelaksanaan program “vaksinasi gotong royong” dalam hal ini vaksinasi berbayar yang bisa dinikmati langsung oleh negara merupakan solusi kongkrit dalam mengatas pandemi. Karena ini merupakan jalan keluar dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Ada 3 manfaat langsung yang didapat dalam melakukan pengendalian wabah Covid-19, diantaranya :

1) Program subisidi silang bagi warga negara yang mampu bisa membantu warga yang tidak mampu

2) Mencegah terjadinya kerumunan yang sudah banyak terjadi di tempat-tempat penyelenggaraan vaksinasi gratis oleh pemerintah

3) Membantu pemerintah dalam menambah kas keuangan negara

Tentunya ini sebuah program brilian untuk bisa bertahan dari hantaman badai wabah pandemi yang sudah menyentuh ke seluruh sendi-sendi kehidupan, seperti perekonomian, PHK besar-besaran, dan jurang kemiskinan.

Sekarang tidak saatnya untuk berdebat dan mengkritisi pemerintah, lebih baik diam kalau tidak bisa berbuat. Saat ini kondisinya serba sulit, jadi lebih baik pecaya dan serahkan sepenuhnya kepada pemerintah. Setiap pemerintah pasti selalu memikirkan dan memberikan yang terbaik untuk warga negaranya. Semoga Indonesia terlepas dari jeratan wabah Covid-19. Insya Allah, Aamiin.

Oleh : Taufik Kurniawan
Wakil Sekretaris Umum Badko HMI Sumatera Utara Periode 2018-2020

- Advertisement -

Berita Terkini