Akibat Tak Pakai Masker, Bocah 3 Tahun Diturunkan dari Pesawat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Texas – Kebijakan pemakaian masker di pesawat kini diberlakukan sangat ketat pada periode pandemi virus Corona. Bahkan, bocah autis wajib berusia tiga tahun mengenakannya untuk mencegah penularan virus.

Dikutip dari Travel+Leisure oleh detikcom, seorang anak laki-laki berusia tiga tahun dan keluarganya diturunkan dari pesawat. Penerbangan terpaksa berbalik ke bandara asal saat anak berusia tiga tahun itu menolak memakai masker.

Sang Ibu, Alyssa Sadler, melakukan perjalanan bersama satu putra berusia tiga tahun dan putrinya yang masih satu tahun dengan pesawat Southwest Airlines. Mereka berangkat dari Midland Texas menuju Houston pada Senin pagi.

Putranya yang masih berusia tiga tahun memiliki gangguan pemrosesan sensorik. Dia sudah menunjukkan catatan dokter terkait kondisi putranya, namun petugas Southwest tetap memutuskan berbalik arah ke bandara asal untuk menurunkan mereka.

“Saya pikir perlu ada sesuatu untuk anak-anak atau orang dewasa dengan disabilitas yang tidak bisa memakai masker. Mereka harus mempunyai semacam pengecualian,” kata Sadler kepada channel berita lokal.

Dia menambahkan sebelumnya mereka bisa terbang dari Houston ke Midland tanpa mengharuskan putranya mengenakan masker.

Maskapai Southwest mengharuskan siapa pun yang berusia lebih dari dua tahun untuk mengenakan masker saat berada di dalam pesawat, kecuali saat makan atau minum.

“Southwest Airlines mewajibkan semua Pelanggan yang berusia di atas dua tahun untuk mengenakan masker saat bepergian untuk membantu mencegah penularan COVID-19,” kata pihak maskapai dalam sebuah pernyataan kepada Travel+Leisure.

“Kami mengkomunikasikan kebijakan ini kepada semua pelanggan di beberapa titik selama perjalanan, jadi kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami keluarga ini.”

Maskapai juga menuturkan bahwa penumpang akan diberi tahu tentang aturan penggunaan masker ketika melakukan pemesanan dan mengisi Formulir Pernyataan Kesehatan Pelanggan saat check in. Tak ada pengecualian bagi penumpang yang memiliki gangguan medis.

“Jika pelanggan tidak dapat mengenakan masker karena alasan apapun (bahkan kondisi medis yang diverifikasi), kami menyesal bahwa kami tidak dapat membawa penumpang saat ini karena risiko keamanan COVID-19 tanpa gejala yang ditularkan oleh penumpang tanpa masker,” kata pihak maskapai.

Penumpang yang diturunkan dari pesawat karena masalah pemakaian masker bisa mendapat pengembalian uang yang penuh. Maskapai Southwest juga bersedia menyambut kembali penumpang di lain waktu jika panduan kesehatan tentang masker telah berubah.

Sumber : detik.com

- Advertisement -

Berita Terkini