SAPA DOKTER Sukses Melaksanakan Workshop Resusitasi Neonatus dengan 12 SKP IDI

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – SAPA DOKTER Laksanakan Workshop Resusitasi Neonatus, dengan 12 SKP IDI Via Zoom dan Live Youtube, Sabtu, (28/1/2023).

Resusitasi neonatus adalah pertolongan pertama untuk mengatasi bayi yang kesulitan bernapas akibat kekurangan oksigen. Beberapa kondisi tersebut, termasuk sesak napas hingga henti napas.

Resusitasi neonatus terkadang diperlukan di waktu yang tak terduga, sehingga setiap orang tua perlu memahami cara melakukannya. Langkah pertama dilakukan dengan memeriksa kondisi kesadaran bayi.

Gangguan pernapasan pada neonatus sering terjadi pada persalinan preterm, presentasi bokong, kehamilan multipel, sepsis pada ibu, dan gangguan antepartum lainnya.

Setiap tahunnya 10 juta bayi yang baru lahir tidak dapat bernapas spontan sehingga membutuhkan bantuan resusitasi untuk bertahan hidup, terutama pada 1 menit pertama yang merupakan golden minute. Hal ini juga ditunjang dengan data yang menunjukkan bahwa 10% bayi baru lahir memerlukan resusitasi agar dapat bernapas. Tindakan resusitasi bertujuan untuk meningkatkan survival neonatus. Berdasarkan data penelitian, tindakan resusitasi neonatus yang dilakukan secara benar dapat menurunkan mortalitas bayi pada saat lahir, usia 1 hari, dan 7 hari.

Teknik resusitasi yang baik memerlukan peralatan yang baik dan tim yang memiliki kemampuan yang baik dan berpengalaman. Selain itu, komunikasi dan pelatihan terkait resusitasi juga penting dilakukan untuk melakukan resusitasi neonatus yang berkualitas. Oleh karena itu untuk meningkatkan Pengetahuan dan Skill terkait Resusitasi Neonatus Flatform Sapa Dokter melaksanakan Workshop dan Pelatihan secara Daring dengan 12 SKP IDI yang dilaksanakan pada Sabtu, 28 Januari lalu, dengan materi yang dipelajari diantaranya :

1. Dasar-dasar Resusitasi Neonatus
2. Persiapan Resusitasi
3. Langkah Awal Resusitasi
4. Ventilasi Tekanan Positif
5. Jalan Napas Alternatif : Pemasangan Pipa Endotrakeal & Sungkup Larings
6. Kompresi Dada
7. Pemberian Obat
8. Perawatan Pasca Resusitasi
9. Resusitasi & Stabilitas Bayi Prematur
10. Pertimbangan Khusus dan,
11. Etika & Perawatan di Akhir Kehidupan

SAPA Dokter
SAPA Dokter Sukses melaksanakan Workshop Resusitasi Neonatus dengan 12 SKP IDI (2)

Selain materi yang didapat Peserta Workshop juga menerima fasilitas dari Sapa Dokter yakni;
Sertifikat 12 SKP IDI, Rekaman yang dapat dilihat kembali, E-Modul, E-Book Pediatrik.

Kondisi gawat darurat pada bayi bisa terjadi kapan saja. Oleh karena itu, setiap orang tua apalagi Tenaga Kesehatan perlu membekali dirinya dengan Pengetahuan tentang Resusitasi Neonatus untuk pertolongan pertama. Bila perlu, Anda bisa mengikuti pelatihan dan Workshop Resusitasi Neonatus secara rutin.

Selain itu, jangan lupa untuk rutin memeriksakan kesehatan bayi ke dokter anak. Beberapa kondisi medis dapat menyebabkan henti napas atau henti jantung pada bayi. Namun, bila ditemukan secara dini oleh dokter, kondisi tersebut bisa dikontrol.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi Kami :
Website : http://www.sapadokter.org
Whatsapp : http://wa.me/6281368387866
Instagram : sapadokter

(red)

- Advertisement -

Berita Terkini