Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, Bupati Zahir : Mari Kita Dorong Gaya Hidup Sehat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, BATU BARA – Pemkab Batu Bara melalui Dinas Kesehatan P2KB, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Batubara, TP PKK, Bunda PAUD dan Dinas Pendidikan, memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia di TK. Pembina Laut Tador Kecamatan Sei Suka, Kamis (19/10/2022).

Diketahui bahwa Hari Cuci Tangan Sedunia ini diperingati setiap tanggal 15 Oktober di seluruh Dunia.

Bupati Batu Bara, Ir Zahir melalui Kepala Dinas Kesehatan, PPKB Kabupaten Batubara drg. Wahid Khusyairi, MM mengatakan bahwa, tujuan kegiatan ini untuk mendorong masyarakat menerapkan gaya hidup sehat dengan mencuci tangan memakai sabun, dan untuk mengingatkan pentingnya mencuci tangan agar tetap aman dan sehat.

“Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan mebersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman,” Katanya.

Mencuci tangan dengan sabun (CTPS) ini sendiri, disebutkan drg Wahid, dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit.

Hal ini dikarenakan tangan sering kali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung.

Disebutlan, bahwa desinfektan, cairan hand sanitizer, tisu basah, gel dan krim yang mengandung alkohol semuanya berguna untuk membunuh Virus, tetapi tidak seefektif sabun. Saat beraktifitas sehari-hari, akan sulit bagi tangan untuk menghindari Virus, bakteri atau kuman.

drg Wahid menyebutkan mata tidak mampu melihat virus secara langsung, sehingga mencuci tangan adalah langkah terbaik untuk menghindari tertular penyakit.

“Segala jenis sabun dapat digunakan untuk mencuci tangan baik itu sabun mandi biasa, sabun antiseptik ataupun sabun cair,” sebutnya.

Oleh karena itu, mewakili Pemerintahan, Kepala Dinas Kesehatan mengajak agar bersama-sama membiasakan mencuci tangan memakai sabun dengan air yang mengalir sebagai sebuah gerakan bersama dan menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari.

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia yang dilaksanakan di TK. Pembina Laut Tador ini, para siswa-siswi yang berhadir di berikan edukasi dan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar agar terhindar dari segala jenis Virus. (Ak)

- Advertisement -

Berita Terkini