Badko HMI Jabar Kagum Lihat Prof Yuddy Chrisnandi, Bisa Mengelola Hubungan Indonesia dengan Ukraina

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Bandung – Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jawa Barat menggelar kegiatan bersama Duta besar Ukraina untuk Indonesia dalam rangka membedah Buku Cinta Keduaku Berlabuh di Ukraina, karya Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi, S. H., M.E yang diselenggarakan pada Selasa (13/9/2022) di Graha HMI Bandung.

Kegiatan Ini diisi oleh Duta Besar Ukraina untuk Indonesia H. E. Dr. Vasyl Hamianin, Penulis Buku Cinta Keduaku Berlabuh Di Ukraina Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi, S. H., M.E, Ketua YAHMI Dr. H. Berliana Kartakusumah, Dr. Anton Galushka-Adaikin, wartawan Senior/Ahli Pers Dewa Pers Noe Firman, Dekan Fisip UNPAD Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.IP., S.Si., M.T., MSi.

Ketua Umum Badko HMI Jawa Barat Firman Nasution menyampaikan gagasan Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi Duta Besar RI untuk Ukraina 2017-2021 yang ditulis dalam buku Cinta Keduaku Berlabuh di Ukraina merupakan pelajaran penting dalam mengelola hubungan Indonesia dengan Ukraina khusus, dan dunia Internasional umumnya.

“Buku ini akan memberikan pembelajaran dan pengetahuan yang berguna tidak saja bagi diplomat, tetapi juga para pembaca umum yang berminat dalam masalah-masalah Internasional yang memberikan gambaran secara utuh, dan objektif,” ujarnya.

Melalui buku ini, lanjut Firman, para studi hubungan internasional diberikan prespektif penting tentang sejarah diplomasi dalam hubungan internasional yang jarang dibahas oleh para scholar lainnya.

Duta besar Ukraina untuk Indonesia yakni H.E. Dr. Vasyl Hamianin dalam kegiatan bedah Buku “Cinta Keduaku berlabuh di Ukraina” yang ditulis oleh Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi, S.H., M.E. secara bersama-sama menyampaikan tentang pentingnya peranan anak muda untuk terlibat secara aktif dalam arus utama percakapan kondisi dinamika perkembangan dunia hari ini.

H.E. Dr. Vasyl Hamianin pun ikut mengapresiasi secara khusus kepada Badko HMI Jawa Barat yang sudah menyelenggarakan kegiatan bedah buku hari ini. Dimana dari kegiatan hari ini Vasyl mengharapkan adanya dampak yang positif dapat diperoleh dan terasa dari hati ke hati tentang bagaimana sesungguhnya khazanah Ukraina dimata penulis untuk menjadi acuan kita dalam melihat Ukraina dengan perspektif yang segar dan konstruktif.

Dan dalam pengantarnya, penulis buku “Cinta Keduaku Berlabuh di Ukraina” Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi, S.H., M.E. menyampaikan sebuah gambaran tentang perjalanannya melihat secara langsung Ukraina dan Indonesia memiliki banyak kesamaan terutama dalam geliat budaya.

“Sebagai sesama bangsa pembelajar yang dalam hal ini perlu dijadikan modal bersama untuk meningkatkan konektivitas dan kerjasama yg bisa menguntungkan kedua bangsa ini menjadi lebih baik lagi untuk generasi muda dimasa depan,” lanjutnya.

Lalu pengulas dalam kegiatan bedah buku yang diselenggarakan oleh Badko HMI Jawa Barat yakni Dr. H. Berliana Kartakusuma menambahkan bahwa penulis berhasil secara sempurna mengambil lanskap Ukraina dengan cara yang lain.

“Dan mampu memberikan pengetahuan yang baru tentang Ukraina dan sangat pantas karya tersebut menjadi referensi Indonesia dalam melihat Ukraina baik dengan kondisi yang sedang dihadapinya hari ini (peperangan) maupun Ukraina dimasa yang akan datang,” kata Berliana.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kolonel Ari Sujatmiko Komandan Sesko AU dan 15 cabang se-wilayah kerja Badko HMI Jawa Barat yang tersebar di kota/kabupaten di Jawa Barat, 40 komisariat se-Kota Bandung 20 Komisariat se-kabupaten Bandung dan tamu undangan lainnya. (Leriadi)

- Advertisement -

Berita Terkini