Tingkat Kesenangan Warga Cianjur Rendah, Bagaimana Solusinya?

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, CIANJUR – Tingkat kesenangan warga Kabupaten Cianjur rendah. Begitu awal pembuka diskusi dengan Bupati Cianjur H Herman Suherman di ruangan kerjanya belum lama ini.

Bupati Cianjur mengundang para jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Korda Cianjur.

Salah satu pembahasannya adalah bagaimana masyarakat Cianjur senang dan masyarakat luar Cianjur betah ketika berada di Cianjur.

Terobosan yang akan dilaksanakan adalah tahun anggaran 2023 mendatang akan melaksanakan pelebaran jalan.

Jalan Siliwangi akan menjadi lokasi untuk pelebaran. Jalan ini akan seperti di Jalan Braga Bandung atau di Bali ada jalan Legian dan di Yogyakarta ada Malioboro .

Jalan Siliwangi akan menjadi lokasi Pedestian (khusus jalan kaki). Jalan ini akan ditata dari mulai pelebaran, dibuatkan tempat duduk, taman kecil tapi rapi dan unik serta lainnya.

Ini dimaksudkan untuk menarik wisatawan menjadikan jalur pedestrian sebagai tempat menongkrong hingga duduk lesehan atau lazim disebut selonjoran.

Tak lupa nanti ada kuliner UMKM. Nantinya keramaian jalan Siliwangi akan meningkat terutama saat hari hari libur.

Dengan adanya pelebaran jalan ini, diharapkan akan meningkatkan tingkat kebahagian warga Cianjur. Selain itu, akan menarik wisatawan baik lokal maupun luar Cianjur dan tentunya Pendapatan Asli Daerah (PAD), meningkat.

Selain diskusi tentang Pedestian. Bupati juga akan fokus dalam IPM atau Indek Pembangunan Manusia. IPM akan fokus di tiga bidang, pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Bidang pendidikan bagaimana menuntaskan IPM melalui warga Cianjur yang putus sekolah bisa belajar lagi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Bidang kesehatan, penuntasan Stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun. Bidang ekonomi membuka lahan lahan tidur untuk ditanam produk pertanian dan lainnya.

Kata Bupati Herman Suherman. Selama kurang lebih 2,5 tahun. Pemerintah Kabupaten Cianjur sedang fokus penanganan Covid 19. Jadi anggaran untuk kegiatan di masing masing OPD di alihkan ke penanganan Covid 19.

Sedangkan kini Covid sudah mereda meskipun masih ada. Karena sudah mereda, kini anggaran pemerintah di fokuskan kepada IPM dan kegiatan lain. Semoga dapat tercapai (**).

Oleh : Deni Abdul Kholik

Penulis adalah Sekretaris PWI Cianjur

- Advertisement -

Berita Terkini