ACT Ciamis, Gandeng Komunitas Kampanyekan Ramadhan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ciamis – Dengan Tagline “Kan Mau Ramadhan” Relawan MRI dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ciamis melaksanakan kegiatan Tarhib Ramadhan pada hari Ahad, (20/3/2022).

Kegiatan tersebut berlangsung di Venue BMX Ciamis di mana orang-orang biasa berkumpul di pagi hari ahad untuk sunmori.

“Saat ini memang masih bulan Sya’ban, tapi kami ingin menghadirkan suasana Ramadan lebih awal karena Ramadan ini pasti sudah sangat dirindukan oleh masyarakat, oleh karena itu ACT mengadakan kegiatan Tarhib Ramadhan,” ujar Ridla Alfaruqi, Markom ACT Ciamis.

Ridla menjelaskan, dalam kegiatan ini ikut serta beberapa komunitas seperti Paguyuban Duta Baca Ciamis, Ikatan Remaja Masjid Agung Ciamis, dan dimeriahkan oleh penampilan musik tradisional angklung oleh Sanggar Seni Hanjuang Beureum.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengajak masyarakat supaya bisa lebih awal menyiapkan diri menyambut Ramadan.

“Keriuhan di Venue BMX Ciamis sangat terlihat jelas. Antusiasme masyarakat sangat tinggi setelah menyaksikan aksi flash-mob atau iring-iringan dari ACT dan komunitas-komunitas,” ungkap Ridla.

“Semoga dengan adanya kampanye kebaikan ini semakin banyak pihak yang tergerak hatinya untuk ikut terjun dalam kebaikan,” harapnya.

Selaku Duta Baca Ciamis, Desi Ratna Ayu, ikut memberikan masukan positif mengenai kegiatan Tarhib Ramadhan. ‘’Acaranya seru banget, tadi kita keliling BMX demi syiar kebaikan. Kami dari Duta Baca Ciamis berharap ada lagi kegiatan positif ke depannya bersama-sama,’’ ujarnya.

Memasuki waktu siang hari, perwakilan dari Duta Baca Ciamis membacakan puisi mengenai Palestina. Ada juga dari Duta Baca Anak yang mendongeng legenda Nyai Roro Kidul.

Sementara dari Irma Masjid Agung Ciamis memberikan sholawatan. Sedangkan penampilan angklung berlangsung di tempat semula ketika rombongan flash-mob pergi mengelilingi Venue BMX.

“Bulan Ramadan sangat identik dengan amal sholeh, di dalamnya terdapat aksi kepedulian pada sesama dan juga memperbanyak ibadah sunnah setelah menunaikan ibadah wajib,” ucap Ridla yang selama acara berlangsung bertindak sebagai MC.

“Kami berharap masyarakat juga lebih siap atau bahkan bisa mencuri start dalam melakukan amal kebaikan tersebut,” lanjutnya.

Dari Program DEvelopment Andra Rian ikut menambahkan, dalam menyambut bulan suci Ramadan, ACT Ciamis juga sudah mempersiapkan program berbagi sejuta ifthar atau paket berbuka puasa dengan sasaran penerima manfaat santri di pesantren, yatim, jamaah masjid, lansia dhuafa dan masyarakat prasejahtera yang membutuhkan.

“Tidak dipungkiri kita masih berada dalam kondisi kritis, kita lihat bersama banyak bahan-bahan pokok yang mulai tinggi harganya di pasar. Meskipun keterbatasan tersebut membuat semuanya mendera, kita tidak boleh luput dari aksi-aksi positif selama bulan Ramadhan,” ujar Ridla.

“ACT Ciamis sedang berikhtiar menyediakan sejuta paket ifthar sebagai ajakan kebaikan untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin mendapatkan keberkahan Ramadan, selain tentu membantu masyarakat yang membutuhkan juga,” tutupnya.

(Nuh)

- Advertisement -

Berita Terkini