Wakil Bupati Ciamis : Terdapat 4 Kiat untuk Hindari Perpecahan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ciamis – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, menghadiri acara pengajian Salasa Ngaji Bareng (Sangba), yang diikuti oleh para pimpinan organisasi keagamaan, pimpinan pesantren, dan Ustad se Kecamatan Panumbangan.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Yana, juga meninjau progres pembangunan Kantor Bersama Organisasi Keagamaan (KBOK), Kecamatan Panumbangan, yang bertempat di Dusun Landeuh, Desa Sindangherang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (04/01/2021).

Wabup Yana, menyampaikan perbedaan adalah suatu keniscayaan, dan persamaan, adalah suatu yang harus diupayakan.

“Terdapat 4 kiat untuk menghindari perpecahan, pertama toleransi, kedua jangan merasa benar sendiri, ketiga jangan memaksakan kehendak sendiri, serta keempat mengutamakan persamaan, dan jangan mempermasalahkan perbedaan,” terangnya.

Yana, mengungkapkan dengan mempermasalahkan perbedaan hal itu berarti membenci Tuhan yang telah menciptakan makhluk-Nya, yang beraneka ragam (berbeda-beda).

“Tujuan setiap ormas pada intinya sama jika ditarik benang merahnya, namun hanya redaksinya saja yang berbeda,” jelasnya.

Wakil Bupati Ciamis
Wakil Bupati Ciamis meninjau pembangunan gedung KBOK

Dikatakan Yana, dengan dibangunnya gedung KBOK ini, salah satunya sebagai upaya untuk membangun persamaan, hingga terbentuk kebersamaan, dalam membangun ukhuwah islamiyah.

Sehingga para ulama dengan adanya Ukhuwwah Islamiyah ini bisa lebih berdaya, dan menjadi mitra bagi Pemerintah, sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

“Gedung ini akan menjadi cikal bakal terbangunnya ukhuwah Islamiyah di Kecamatan Panumbangan, dan Kabupaten Ciamis pada umumnya, sehingga ulama bisa berdaya, dan menjadi mitra Pemerintah dalam membangun Kabupaten Ciamis,” terangnya.

Yana, juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak tokoh ulama, agniya, dan masyarakat, yang telah berpartisipasi dalam pembangunan gedung KBOK Kecamatan Panumbangan.

“Penghargaan, dan apresiasi setinggi-tingginya, terimakasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama berpartisipasi, semoga dicatat sebagai amal sholeh, dan mendapat pahala yang terbaik dari Allah SWT,” pungkasnya.

Wakil Bupati Ciamis
Wakil Bupati Ciamis menghadiri pengajian Salasa Ngaji Bareng (Sangba)

Sementara itu, penasehat pembangunan gedung KBOK, H. Lili Miftah, mengatakan pembangunan gedung tersebut telah direncanakan sejak Tahun 2016 lalu, namun baru dapat direalisasikan pada Tahun 2021.

“Gedung ini nantinya akan mewadahi seluruh Organisasi Islam di Kecamatan Panumbangan, seperti MUI, FKDT, UPZ, DMI, BKMM, BKPRMI dan IPHI,” tuturnya.

Lili, berharap dengan dibangunnya Kantor bersama tersebut dapat meningkatkan ukhuwwah islamiyah, serta mengoptimalkan pelayanan terhadap umat. (BQ)

- Advertisement -

Berita Terkini