Dana Desa di Langkat Diklaim untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH diwakilkan oleh Asisten Adm Ekbangsos H Sukhyar Mulyamin SSos MSi menjadi Pembina Apel Gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat bertempat di Halaman Kantor Bupati Langkat, Senin (25/9/2023).

Pidato tertulis arahan Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH yang dibacakan oleh Asisten Adm Ekbangsos H Sukhyar Mulyamin SSos MSi menyampaikan bahwa pada tahun ini 2023 pemerintah pusat menyalurkan dana desa kepada pemerintah Kabupaten Langkat sebesar Rp.236.620.647.000,- (Dua Ratus Tiga Puluh Enam Milyar Enam Ratus Dua Puluh Juta Enam Ratus Empat Puluh Tujuh Ribu Rupiah) yang di peruntukan bagi 240 Desa yang ada di Kabupaten Langkat.

“Oleh karenanya pada tahun 2023 ini prioritas pembangunan dana Desa diperuntukkan bagi pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional dan mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam,” jelasnya.

Sementara itu untuk penghasilan tetap (SILTAP ) Perangkat Desa, Pemerintah Kabupaten Langkat telah menganggarkan sebesar Rp.126.992.191.500,- (Seratus Dua Puluh Enam Milyar Sembilan Ratus Sembilan Puluh Dua Juta Seratus Sembilan Puluh Satu Ribu lima Ratus Rupiah) yang akan di bayarkan menjadi 2 (dua) tahap yaitu : tahap l (pertama) sebesar 60%, dan tahap ke ll (dua) sebesar 40%.

Selanjutnya Asisten Adm Ekbangsos H Sukhyar Mulyamin S menyampaikan untuk dapat diketahui bersama bahwa pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Langkat telah mengikuti lomba anugerah desa wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif Republik Indonesia. Di mana Bumdes Wahana Mandiri Sejahtera Desa Perkebunan Bukit Lawang Kecamatan Bahorok meraih juara harapan 3 (tiga ) kategori daya tarik pengunjung yang hadiahnya diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif di Jakarta.

Kemudian untuk tahun ini Pemerintah Kabupaten Langkat juga mengikuti kegiatan lomba bumdes terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara yang diselenggarakan oleh dinas pemberdayaan masyarakat desa dan dinas kependudukan dan pencatatan sipil Provinsi Sumatera Utara. Di mana Bumdes Bertuah Maju Jaya Desa Secanggang Kecamatan Secanggang meraih juara harapan 2 (dua) yang hadiahnya langsung diberikan oleh Gubernur Sumatera Utara di Medan.

Bertindak sebagai perwira apel Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, David Helgod Pardede SIP MSP, pemimpin Apel Ahmad Bukhari Siregar SPd dan Pembaca Korpri Abdulah SAg Staf Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat.

Turut hadir Para Asisten Setda Kabupaten Langkat, Para Staf Ahli Setda Kabupaten Langkat, Para Pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat, para Aparatur Sipil Negara dan seluruh peserta apel. (Edi)

- Advertisement -

Berita Terkini