Sosialisasikan Program KUR di Langkat, Rudi Hartono Bangun Ingin Pelaku UMKM Punya Modal Usaha

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Rudi Hartono Bangun SE MAP, Anggota Komisi VI DPR RI mensosialisasikan realisasi penyerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI.

Kegiatan sosialisasi itu dimulai dari pukul 09.00 WIB bertempat di Graha Beras Basah Pangkalan Susu, Teluk Aru, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis (27/9/2023).

Adapun peserta adalah para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Teluk Aru dan sekitarnya, dengan jumlah peserta lebih kurang 500 orang yang mendapat penjelasan dari narasumber BRI yakni Muhammad Nasrullah.  Dengan adanya program KUR pemerintah ini, diharapkan dapat membantu UMKM.

“Tujuan sosialisasi ini untuk memberikan bimbingan kepada para pelaku UMKM terkait KUR guna membangkitkan pertumbuhan ekonomi nasional. Di sisi lain, saya ingin membukakan akses program pemerintah ini agar masyarakat punya modal untuk berwirausaha dan murah bunganya,” kata Rudi.

Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan Sumut III itu berharap pelaku UMKM menggunakan dana KUR sebaik mungkin, jangan untuk membeli yang lain, manfaat KUR ini untuk modal usaha sehingga bisa membayar angsurannya ke bank penyalur KUR, usaha pun bisa lancar.

“Program KUR ini harus dikawal bersama dari pusat hingga ke desa sehingga benar-bernar dimanfaatkan atau tepat sasaran,” tegasnya.

Poitisi Nasdem itu juga menambahkan KUR bisa membuka lapangan kerja dan bisa membuat naik kelas pelaku UMKM, karena pelaku UMKM pasti mencari pekerjaan untuk membantu dalam jualan.

Sebagaimana diketahui, berikut 5 sektor usaha KUR yaitu Sektor Perdagangan (58%), Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan (24%), Jasa (11%), Perikanan (1,5%) serta Sektor Industri Pengolahan (5,5%). (Arda)

- Advertisement -

Berita Terkini