Jelang Tahun Ajaran Baru, Sejumlah Kebutuhan Pokok Diperkirakan Stabil Kecuali Harga Cabai

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Setelah sempat diperdagangkan di level 38 hingga 45 ribu per Kg, sejak pekan lalu hingga awal pekan ini. Harga cabai merah berbalik turun diperdagangkan di kisaran 28 hingga 30 ribu per Kg di sekitar kota Medan. Walau demikian, harga cabai merah masih lebih tinggi di pekan pertama Juli ini, dibandingkan rata-rata di bulan Juni sebesar 25 ribu per Kg nya.

“Pada dasarnya harga cabai merah yang naik di awal pekan ini biasa terjadi. Dikarenakan banyak petani yang lebih memilih untuk beribadah dan berlibur pada hari Minggu. Sehingga pasokan yang terganggu di awal pekan kerap memicu terjadinya kenaikan harga sesaat. Dan setelah hari Senin pekan ini, harga cabai merah bergerak stabil di kisaran angka 30 ribuan,” kata Pengamat Ekonomi Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Jumat (7/7/2023).

Menurutnya, yang bisa disimpulkan bahwa harga cabai merah sudah berada di titik keseimbangan baru. Harga ini bisa saja bertahan hingga di pekan ketiga nantinya. Akan tetapi yang perlu diwaspadai adalah potensi lonjakan harga secara tiba-tiba, karena pasokan belakangan ini memang mengalami penurunan.

“Selain cabai merah, harga cabai rawit dijual di kisaran 20 hingga 23 ribu per Kg. Harga cabai rawit juga mengalami penurunan dari 26 ribuan yang diperdagangkan pada akhir pekan sebelumnya. Untuk harga cabai merah saya menilai sudah mengakomodir kepentingan petani, karena harga jualnya sudah di atas harga pokok penjualan petani,” kata Benjamin.

Sementara itu, jelasnya, gejolak harga daging ayam di tanah air yang sempat menyentuh 50 ribuan per Kg, tidak terjadi di wilayah Sumut. Harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di kota Medan rata rata 36.600 per Kg mengacu kepada PIHPS kota Medan. Dan untuk telur ayam ditransaksikan di harga rata rata 28.800 juga mengacu kepada PIHPS kota Medan.

“Selain itu, untuk komoditas bawang putih dan bawang merah sejauh ini masih cukup stabil di kisaran 40 ribu dan kisaran harga 36 ribu per Kg. Dan sisanya seperti harga beras, daging sapi, minyak goreng dan gula pasir masih cukup stabil. Daging sapi di kisaran 120 hingga 130 ribu per Kg, minyak goreng di 13.500 hingga 14 ribu per Kg, beras 10.250 hingga 13.600 per Kg (PIHPS kota Medan), dan gula pasir di kisaran 14 hingga 16 ribu per Kg nya,” paarnya.

Dia menambahkan, sepintas kalau melihat harga sembako di bulan Juli ini berpeluang bergerak stabil. Khusus untuk harga cabai masih berpeluang untuk bergerak ke atas. Sementara harga beras dikuatirkan bergerak stabil dengan kecenderungan naik. Sehingga saya pikir pemerintah bisa lebih intens untuk melihat perkembangan harga beras.

“Pekan pertama bulan Juli ini memperlihatkan adanya peluang dimana harga kebutuhan pokok masyarakat cukup terkendali. Tahun ajaran baru yang akan dimulai pada pekan depan memang bisa saja mendongkrak demand atau permintaan. Akan tetapi saya menilai harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat masih terkendali. Sasaran inflasi skenario terburuk sejauh ini diperkirakan 0.4% pada bulan ini,” pungkasnya. (Arda)

- Advertisement -

Berita Terkini